UBB Buka Tiga Prodi Baru, Fisika, Kimia dan Ekonomi

Terhitung mulai Senin, 20 Juni hingga 15 Juli, Universitas Bangka Belitung (UBB) membuka penerimaan mahasiswa baru

UBB Buka Tiga Prodi Baru, Fisika, Kimia dan Ekonomi
IST
Rektor UBB Dr Muh Yusuf sedang memantau calon mahasiswa saat seleksi tertulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) beberapa waktu lalu.

Laporan wartawan bangka pos, dodi hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS -- Terhitung mulai Senin, 20 Juni hingga 15 Juli, Universitas Bangka Belitung (UBB) membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) Jalur Mandiri 2016.

Selain 15 program studi (Prodi) yang sudah lama ada, melalui PMB Mandiri ini UBB menerima mahasiswa baru untuk tiga prodi yang baru, yakni Kimia, Fisika dan Ekonomi.

“Prodi baru UBB: Kimia, Fisika dan Ekonomi, kami luncurkan karena surat keputusan tentang pendirian ketiga prodi tersebut belum lama ini kami terima,” ujar Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, Jumat (17/06/2016) siang.

Prodi Kimia dan Fisika berada di bawah naungan Fakultas Teknik, menurut Muh Yusuf, masing-masing menerima 35 mahasiswa dan 30 mahasiswa. Sedangkan Prodi Ekonomi di bawah Fakultas Ekonomi melalui PMB Mandiri menerima 35 mahasiswa baru.

Mengenai cara pendaftaran ke tiga prodi itu, Muh Yusuf menjelaskan sama halnya dengan pendaftaran ke 15 prodi yang sudah ada. Yakni dengan cara ‘online’ ke laman http://pmb.ubb.ac.id atau datang langsung ke Kampus Terpadu UBB, Gedung Babel 3 (BAAK), Balunijuk, Merawang.

“Untuk jelasnya, silakan para alumni SLTA sederajat melihat informasi PMB Jalur Mandiri itu di laman web UBB: http://ubb.ac.id,” kata Muh Yusuf.

Biaya pendaftaran PMB Jalur Mandiri yakni sebesar Rp 250.000, baik untuk pilihan Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Humaniora) maupun Campuran (Saintek dan Soshum). Pendaftar diperkenankan memilih tiga prodi, baik untuk Saintek, Soshum maupun Campuran.

Berbeda dengan penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN, usia pendaftar PMB Jalur Mandiri tidak dibatasi. Namun pendaftar harus mengunggah semua persyaratan yang dihendaki panitia PMB Mandiri. Seluruh persyaratan pendaftaran dapat dilihat di laman http://pmb.ubb.ac.id.

Tiga prodi baru (Kimia, Fisika dan Ekonomi) ini lahir sebagai tuntutan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kian pesat.

Prodi Fisika contohnya hadir sebagai jawaban dari melimpahnya mineral logam tanah jarang (rare earth) dan thorium, sebagai sisa penambangan timah.

Halaman
12
Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved