Kisah Syafri Mahasiswa Asal Babel Tentang Keramahan Warga Turki

Syafri Hariansah merasakan berpuasa di Turki seperti layaknya di Indonesia.

Kisah Syafri Mahasiswa Asal Babel Tentang Keramahan Warga Turki
Istimewa
Syafri Hariansah saat berada di Turki.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Syafri Hariansah (27), mahasiswa asal Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung yang kuliah di Universitas Ankara, Turki merasakan berpuasa di negara berbendera lambang bintang dan bulat sabit itu, seperti layaknya di Indonesia.

Penduduk Turki mayoritas muslim sehingga dia merasa tidak kesulitan beradaptasi. Apalagi, masyarakat Turki mengenal Indonesia sebagai kardes atau saudara.

Tidak jarang, ujar Syafri, orang Turki memeluk saat mengetahui ‎dia berasal dari Indonesia.

Kesan orang Turki terhadap Indonesia juga cukup baik, apalagi terhadap mahasiswa yang tinggal di sana.

"Mereka tanya dari mana, saya jawab Indonesia, langsung dipeluk, lalu dibilang kardes. Saat diundang berbuka puasa, mereka menyambut hangat dan ramah," kata Anca sapaan akrab Syafri melalui Whatsapp (WA), Sabtu (18/6/‎2016).

Kandidat doktor hukum publik ini menyebutkan, masyarakat Turki juga terkesan dengan jamaah haji Indonesia saat berada di Makkah dan Madinah. Menurut mereka, jamaah Indonesia dikenal menyukai kebersihan dan ramah.

Masyarakat Turki juga mengira kalau orang Indonesia ingin menikah harus sudah menunaikan ibadah haji. Hal itu karena jamaah dari Indonesia yang paling banyak di Makkah.

"Saya bilang tidak hoca, itu cuma pandangan hoca saja. Kebetulan dari Indonesia banyak jamaahnya, jadi mengira seperti itu. Hoca sebutan untuk orang tua atau dihormati," ungkap alumni SMAN 3 Pangkalpinang ini.

Mengenai penerapan nilai-nilai agama, penulis buku Pengisian Jabatan Presiden dan Wakil Presiden Studi 8 Negara itu merasa negara Indonesia lebih baik ‎dari Turki.

Halaman
12
Penulis: Alza Munzi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved