Dukung Pembangunan UMKM, Erzaldi Kunjungi Pengrajin Batik

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan mengunjungi lokasi pembuatan batik khas Bangka di Desa Pedindang

Laporan wartawan bangka pos, dodi hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan mengunjungi lokasi pembuatan batik khas Bangka di Desa Pedindang, Bangka Tengah, Selasa (21/6/2016).

Kunjungan Erzaldi ke pengrajin batik ini guna mendukung dan memberi solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi para pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tersebut.

Dengan antusias yang tinggi para pengrajin berbagi cerita tentang cara membuat batik dari awal hingga bisa dipakai. Erzaldi mendengarkan dengan seksama dan mengikuti proses pembuatannya, mulai dari kain putih, diberi cap atau ditulis tangan, direndam, hingga jadi kain atau baju siap pakai.

Karena rasa panasarannya terhadap proses pembuatan batik Bangka itu, Erzaldi dengan cekatan mencoba memberi cap pada salah satu kain yang sedang dalam proses pengecapan.

"Senang rasanya kami dikunjungi pak Erzaldi, baik orangnya," ujar Isnawati seorang pengrajin batik Bangka.

Dalam kesempatan itu pula para pengrajin menyampaikan kendala yang mereka hadapi dalam menjalankan usaha batik, yaitu tentang pengadaan bahan dan pemasaran. Erzaldi yang juga merasa terpanggil dan peduli pada warganya, langsung memberikan solusi untuk nantinya mengadakan koperasi yang khusus menangani pengrajin batik di Bangka.

Setelah melihat seluruh proses dan mendengarkan cerita dari para pengrajin, Erzaldi diberikan batik yang telah siap pakai oleh pengrajin.

"Alhamdulillah batiknya pas dan pak Erzaldi mau memakai batik itu," tambah Isnawati.

Batik Bangka yang dijual di Pedindang ini dipasarkan dengan harga 200 ribu rupiah untuk batik cap dan satu juta rupiah untuk tulis dengan pewarnaan alam. (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved