Ribuan Ikan Hiu Ini Dibantai, Siripnya Diolah Jadi Menu Orang Kaya Satu Mangkuk Dihargai Rp 1,3 Juta

Indonesia merupakan salah satu penangkap hiu terbesar di dunia karena permintaan sirip hiu di Singapura, Hong Kong, Taiwan, dan Cina daratan.

Ribuan Ikan Hiu Ini Dibantai, Siripnya Diolah Jadi Menu Orang Kaya Satu Mangkuk Dihargai Rp 1,3 Juta
Daily Mail
Pekerja memisahkan sirip dari ribuan ikan hiu untuk dipasarkan ke luar negeri. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Gambar mengerikan ini menunjukkan ribuan hiu mati dan menumpuk di lantai pasar di Indonesia.

Semua hiu itu difoto di tempat pelelangan ikan Karngsong pada 20 Juni di Indramayu, Jawa Barat.

Seperti dikutip Daily Mail, Kamis (23/6/2016) Indonesia merupakan salah satu penangkap hiu terbesar di dunia karena permintaan sirip hiu di Singapura, Hong Kong, Taiwan, dan Cina daratan.

Di China, sirip hiu dianggap sebagai makanan lezat dan sirip adalah salah satu produk ikan yang paling berharga di dunia.

Sirip ikan merupakan bahan utama sup sirip ikan hiu yang memiliki harga tinggi. Satu mangkoknya saja harganya 68 poundsterling atau sekitar Rp 1,3 juta.

Sup merupakan simbol kekayaan dan status di Cina serta sering dikonsumsi pada acara-acara khusus seperti pernikahan dan jamuan makan.

Tulang rawan sirip digunakan untuk menyediakan membuat kaldu tradisional dengan resep sup jaman Dinasti Song (960-1279).

Sirip sebelumnya dikeringkan terlebih dahulu sebelum diangkut di seluruh Asia. Data Green Peace Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia memproduksi sekitar 486 ton sirip ikan hiu setiap tahunnya.

Meskipun pemerintah Indonesia sudah keberatan akan hal itu tapi penangkapan hiu masih marak dan sulit dikontrol. Ada kekhawatiran tentang eksploitasi hiu dikalangan aktivis konservasi di Indonesia.

"Saat ini, Indonesia berada di atas 20 negara dengan penangkapan ikan hiu terbesar di dunia," kata Direktur Kampanye Bintang Sharks Indonesia, Riyanni Djangkaru.

Sebuah studi oleh kelompok konservasi WildAid menemukan bahwa dari empat belas spesies hiu yang paling lazim dalam perdagangan sirip hiu telah mengalami penurunan populasi regional mulai 40-99 persen.

Menurut Conservation of Nature, lebih dari 71 persen hiu terancam punah. (dailymail.co.uk)

Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved