Nama Rektor UBB Dicatut, Sudah Ada Mahasiswi Setor Uang

Rektor UBB mengimbau kepada semua pihak untuk tidak memercayai adanya tawaran menghadiri sebuah seminar dengan membayar uang mengatasnamakan dirinya.

Nama Rektor UBB Dicatut, Sudah Ada Mahasiswi Setor Uang
Istimewa
Rektor UBB, Dr Muh Yusuf.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Dodi Hendriyanto

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Dr Ir Muh Yusuf MSi mengimbau kepada Sivitas Akademika UBB dan pihak di luar UBB untuk tidak memercayai adanya tawaran menghadiri sebuah seminar dengan membayar sejumlah uang dari pihak yang tak bertanggungjawab mengatasnamakan dirinya selaku Rektor UBB.

“Imbauan ini perlu segera saya sampaikan kepada khalayak luas, sebab sudah ada korban penipuan, yakni seorang mahasiswi dari Fakultas Teknik UBB, yang terpedaya oleh orang yang mencatut diri saya sebagai rektor yang minta mahasiswi itu ikut menghadiri seminar dengan membayar uang sebesar Rp 13 juta,” tegas Muh Yusuf melalui telepon dari Jakarta, Minggu (26/06/2016) siang.

Doktor di bidang perikanan dan kelautan ini menambahkan, penipuan dengan modus mencatut namanya itu diketahui setelah memperoleh informasi ada mahasiswi yang ‘diarahkan’ penipu --melalui telepon-- ke sebuah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Pangkalpinang, Sabtu (25/06/2016) malam.

Mahasiswi berinitial FH yang diketahui beras al dari Fakultas Teknik UBB percaya begitu saja, setelah seseorang yang mengaku Dr M Yusuf, Rektor UBB, menepon sang mahasiswi untuk mentransfer uang sebesar Rp 13 juta melalui ATM yang diarahkan penipu tersebut.

Mahasiswi bersangkutan tanpa mencek kebenaran informasi lewat telepon ini, lalu mentransfer uang sebesar itu ke rekening yang diarahkan penipu di sebuah ATM.

Ia baru sadar menjadi korban penipuan setelah menelpon balik ke nomor telepon o rang yang mengaku Dr M Yusuf, namun nomor telepon itu tidak aktif.

“Ini suatu penipuan dengan modus mencatut nama saya selaku rektor. Kepada calon korban, dia (penipu-red) mengaku dirinya sebagai Dr Ir M Yusuf, padahal nama lengkap saya Muh Yusuf. Saya mengimbau semua pihak – baik Sivitas Akademika maupun pihak di luar UBB –- tidak memercayai apabila ada orang yang mengaku-aku dirinya sebagai Rektor UBB dan menawarkan sesuatu misalnya menghadiri seminar ilmiah dan lalu meminta uang atau mentransfer uang,” imbau Muh Yusuf.

Apabila ada informasi ajakan atau tawaran apapun jua yang mengatasnamakan dirinya, menurut rektor baru UBB ini, ia minta yang bersangkutan diminta untuk mencek langsung ke dirinya di Rektorat UBB, Kampus Terpadu UBB,Balunijuk.

“Kalau pun saya tidak berada di kantor, silakan sampaikan ke sekretaris saya, dan di mana pun saya berada, sekretaris akan langsung menyampaikan ke saya melalui media telepon atau media komunikasi lainnya,” ujar Muh Yusuf.

Kehati-hatian ini lanjut Muh Yusuf amat penting untuk mencegah jatuhnya korban lainnya.

Ia menegaskan, UBB tidak pernah menyelenggarakan seminar atau pertemuan ilmiah apa pun dengan membebankan biaya jutaan rupiah kepada calon peserta.

Kalaupun UBB menggelar seminar atau sejenisnya, informasinya selalu resmi dan dimuat di laman web UBB (www. ubb.ac.id).

“Karena itu, sekali lagi saya tegaskan jangan percaya kalau ada orang yang mengaku-aku dirinya sebagai Rektor UBB dan minta dikirimi uang untuk menghadiri seminar atau sejenisnya,” tuka Muh Yusuf yang saat ini berada di Jakarta menghadiri Rapat Majelis Rektor PTN se-Indonesia. 

Penulis: Dody
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved