Piala Eropa 2016

Italia Singkirkan Juara Bertahan Spanyol

Sang juara bertahan Spanyol akhirnya tersingkir dari Piala Eropa 2016 usai kalah 0-2 dari Italia.

Italia Singkirkan Juara Bertahan Spanyol
PHILIPPE LOPEZ/AFP
Bek Italia, Giorgio Chiellini (tengah), melakukan selebrasi usai membobol gawang Spanyol, dalam laga babak 16 besar Piala Eropa 2016 di Parc des Princes, Paris, Senin (27/6/2016). 

BANGKAPOS.COM, SAINT-DENIS - Sang juara bertahan Spanyol akhirnya tersingkir dari Piala Eropa 2016 usai kalah 0-2 dari Italia, dalam laga babak 16 besar, di Stade de France, Paris, Senin (27/6/2016). Italia pun berhak melaju ke perempat final.

Keberhasilan Italia menyingkirkan Spanyol ditentukan lewat gol yang diciptakan oleh bek andalannya, Giorgio Chiellini (menit ke-33), dan Graziano Pelle (90'+1).

Sepanjang babak pertama, tim asuhan Antonio Conte tampil lebih efektif ketimbang Spanyol. Italia bisa saja unggul lebih dari satu gol jika kiper Spanyol, David de Gea, tidak bermain gemilang.

Peluang pertama Italia tercipta pada menit ke-8. Memanfaatkan tendangan bebas Alessandrio Florenzi, Graziano Pelle dengan cekatan menyambutnya dengan sundulan.

Namun, upaya tersebut belum membuahkan hasil. De Gea masih mampu mementahkan sundulan pemain Southampton tersebut.

Setelah berkali-kali melancarkan serangan terhadap Spanyol, Italia berhasil membuka keunggulan pada menit ke-33, lewat gol yang dicetak Chiellini.

Berawal dari tendangan bebas keras Eder yang berhasil ditepis De Gea, bola muntah kemudian disambar Giaccherini ke arah Chiellini. Bek Juventus itu pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang Spanyol.

Menjelang akhir babak pertama, Italia masih tampil impresif. Dari sektor kiri, Giaccherini hampir saja menggandakan skor andai tembakan langsung kaki kanannya tidak mampu dijangkau De Gea.

Memasuki babak kedua, Azzurri - julukan tim nasional Italia - masih bermain apik. Spanyol beberapa kali tampak kerepotan dalam membendung serangan yang dilancarkan Giaccherini dkk.

Pada menit ke-55, Italia lagi-lagi nyaris membobol gawang Italia melalui Eder. Penyerang 29 tahun itu melepaskan tendangan usai menerima umpan pendek dari Pelle. Beruntung bagi Spanyol, De Gea masih tampil gemilang.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved