410 Alumni SLTA Babel Diterima di UBB

Dari 500 orang yang diterima di UBB itu, 410 orang di antaranya merupakan alumni SLTA Babel.

410 Alumni SLTA Babel Diterima di UBB
IST
Rektor UBB Dr Muh Yusuf sedang mengawasi para peserta seleksi ujian tertulis SBMPTN di Kampus UBB Balunijuk Kabupaten Bangka beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan bangka pos, dodi hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi mengemukakan, dari 500 alumni SLTA yang diterima di UBB lewat SBMPTN 2016, sebagian besar atau 82 persen berasal dari SLTA yang berada di Bangka Belitung (Babel).

Posisi kedua hingga keempat ditempati alumni SLTA Sumsel, Sumut dan Sumbar.

“Dari 500 orang yang diterima di UBB itu, 410 orang di antaranya merupakan alumni SLTA Babel. Lalu, dari 410 alumni SLTA Babel itu, 159 orang di antaranya adalah alumni SLTA di Kota Pangkalpinang,” ujar Muh Yusuf, didampingi Humas Panlok 24 Pangkalpinang, Eddy Jajang J Atmaja, Rabu (29/06/2016).

Pada SBMPTN 2016 ini, tercatat ada 3.734 alumni SLTA yang memilih UBB. Namun, berdasarkan hasil SBMPTN yang telah diumumkan Selasa kemarin, hanya 13,4 persen saja yang dinyatakan lulus dan diterima di universitas bermoto ‘Unggul Membangun Peradaban’ ini.

Di luar Babel, terdapat tiga provinsi yang alumni SLTA-nya kerap diterima di UBB. Yakni, Sumatera Selatan (Sumsel), Sumatera Utara (Sumut) dan Sumatera Barat (Sumbar). Melalui SBMPTN tahun ini, menurut Muh Yusuf, 30 alumni SLTA Sumsel diterima di UBB, disusul 29 alumni SLTA Sumut dan 9 alumni SLTA Sumbar.

“Di luar Sumsel, Sumut dan Sumbar, alumni SLTA provinsi lain yang diterima di UBB tergolong kecil. Masing-masing provinsi, jumlahnya di bawah sepuluh orang,” ujar Muh Yusuf.

Dikemukakan, empat alumni SLTA Jawa Tengah diterima di UBB. Sedangkan alumni SLTA asal Jambi, DKI dan Banten, masing-masing tiga orang diterima di UBB. Alumni SLTA di Jabar dan Lampung masing-masing dua orang. Lainnya, seperti Lampung, Bengkulu, Jatim, DIY, Kalbar dan Riau, masing-masing satu orang.

UBB yang didirikan tahun 2006 dan menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada tahun 2010, menjadi incaran alumni SLTA dari sejumlah provinsi. Yang menjadi daya tarik, salah satunya karena UBB mempunyai prodi tertentu takada di universitas lainnya.

Berdasarkan data hasil SBMPTN 2016, dari 30 alumni SLTA di Sumsel yang diterima di UBB sebanyak tujuh orang atau 23,33 persen diterima di Prodi Teknik Tambang. Hal yang sama juga dialami alumni SLTA Sumbar. Dari Sembilan orang yang diterima di UBB, lima di antaranya memilih Teknik Tambang.

Beda dengan kedua provinsi sebelumnya, dari 29 alumni SLTA Sumut yang diterima di UBB, sebanyak 24,14 persen atau tujuh orang memilih Prodi Ilmu Hukum.

Sedangkan ‘tuan rumah’ (alumni SLTA Babel), dari 410 orang yang diterima di UBB, sebesar 11,46 persen atau 47 orang diterima di Prodi Manajemen, diikuti posisi kedua, 40 orang, diterima di Prodi Akuntansi.

Alumni SLTA Babel yang diterima di Prodi Agroteknologi, Teknik Elektro dan Ilmu Hukum, masing-masing 33 orang. Prodi Sosiologi 30 orang, Teknik Sipil 31 orang, Budidaya Perairan 25 orang, Agribisnis dan Teknik Mesin sama-sama menerima 23 orang dan Teknik Tambang 12 orang.

Rektor UBB mengemukakan sejumlah prestasi yang di raih UBB dalam SBMPTN tahun ini. Salah satunya tidak ada dari 15 prodi di UBB yang kekurangan daya tampung.

“Ini berarti, lebih banyak yang mendaftar ketimbang daya tampung prodi,” ujar Muh Yusuf, menambahkan Panlok 24 Panglkalpinang termasuk Panlok yang mendapat pujian. (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved