Begini Cara Membedakan Vaksin Asli dan Palsu

Pelaku pembuat vaksin palsu inisial HT blak-blakan mengungkapkan apa saja perbedaan vaksin asli dan vaksin palsu dilihat dari kemasannya.

Begini Cara Membedakan Vaksin Asli dan Palsu
http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pelaku pembuat vaksin palsu inisial HT blak-blakan mengungkapkan apa saja perbedaan vaksin asli dan vaksin palsu dilihat dari kemasannya.

Sosok yang mengaku diajarkan membuat vaksin palsu oleh distributor sejak tahun 2009 ini telah diamankan petugas kepolisian di kediamannya usai salat tarawih.

Nah, agar Anda bisa mencegah penggunaan vaksin palsu, ini dia cara membedakan vaksin palsu dan vaksin asli dilihat dari kemasannya.

1. Vaksin palsu lebih bening

HT mengakui bahwa vaksin palsu yang ia buat memiliki cairan yang bening, sementara vaksin yang asli agak keruh. Hal ini ia ungkap dalam salah satu tayangan di Kompas TV.

2. Vaksin palsu ada bekas congkelan

Selain itu ia menjelaskan, kemasan di vaksin palsu ada bekas congkelan yang ternyata adalah bekas suntikan dari jarum. Sementara pada vaksin asli tidak ada.

3. Barcode vaksin palsu lebih hitam

“Biasanya bisa dilihat pembedanya juga dari barcode. Kalau vaksin asli buatan pabrik dan vaksin palsu pasti beda,” terangnya.

Meski barcode ini agak sulit dibedakan oleh pengguna awam, tapi biasanya barcode dari vaksin yang palsu lebih hitam ketimbang yang asli, terang HT.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved