Hasil SBMPTN Diumumkan, UBB Terima 500 Mahasiswa Baru

Rektor M Yusuf berharap calon mahasiswa baru ini nantinya dapat meraih beragam prestasi, di samping menyesaikan studi dengan tepat waktu.

Hasil SBMPTN Diumumkan, UBB Terima 500 Mahasiswa Baru
IST
Para alumni SLTA sedang mengikuti seleksi SBMPTN di Kampus UBB Balunijuk. 

Laporan wartawan bangka pos, dodi hendriyanto

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016, Selasa (28/06/2016) siang diumumkan. Dari 3.734 alumni SLTA yang memilih Universitas Bangka Belitung (UBB), hanya 500 orang atau 13,4 persen saja yang lulus dan diterima di UBB.

“Selaku rektor, saya mengucapkan selamat kepada adik-adik yang lulus SBMPTN dan diterima di UBB. Segera verifikasi ‘online’, mulai tanggal 29 Juni hingga 8 Juli. Bila itu tidak dilakukan, berarti yang bersangkutan mengundurkan diri,” ujar Dr Ir Muh Yusuf, Rektor UBB, didampingi Wakil Rektor I Dr Ir Ismet Inonu MSi, Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc dan Wakil Rektor III Fadillah Sabri ST, M.Eng, Rabu (29/06/2016).

Rektor M Yusuf berharap calon mahasiswa baru ini nantinya dapat meraih beragam prestasi, di samping menyesaikan studi dengan tepat waktu. Selain menjadi kebangaan pribadi, prestasi itu lanjut rektor, dapat mendongkrak reputasi UBB.

Menurut Muh Yusuf, dari 500 alumni SLTA yang diterima di UBB itu, paling banyak atau 140 orang diterima di Fakultas Teknik (FT). Disusul 134 orang diterima di Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi (FP2B), 96 orang di Fakultas Ekonomi (FE), 85 orang di Fisip dan 45 orang di Fakultas Hukum (FH).

Tahun ini, lewat SBMPTN, UBB lebih banyak menerima calon mahasiswa baru ketimbang tahun 2015 (464 orang). Ini antaralain karena pada SBMPTN 2016, UBB menambah dua program studi (prodi) baru (Sastera Inggris dan Ilmu Politik). Tahun sebelumnyaUBB ‘menawarkan’ 13 prodi kepada calon peserta SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

Merinci 500 alumni SLTA yang diterima UBB, dalam kesempatan terpisah Kepala Bagian Akademik BAAK UBB Sonie Ruswanto didampingi Ka Humas Panlok 24 Pangkalpinang, Eddy Jajang J Atmaja, mengemukakan, dari 140 orang yang diterima di FT, 32orang di antaranya diterima di Prodi Teknik Mesin, 42 Teknik Elektro, 33 Teknik Tambang dan 35 Teknik Sipil.

Di FP2B, dari 134 orang yang diterima, menurut Sonie, 36 orang di antaranya diterima di Prodi Agroteknologi, 25 di Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, 14 di Prodi Biologi, 30 di Prodi Agribisnis dan 29 di Prodi Budidaya Perairan.

Selanjutnya, di FE, dari 96 orang yang diterima, 50 orang di antaranya diterima di Prodi Manajemen, dan 46 lainnya diterima di Prodi Akuntansi. FH, yang hanya punya satu prodi (Ilmu Hukum) menerima 45 orang.

Sementara di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) yang menerima 85 calon mahasiswa baru, 30 orang di antaranya diterima di Prodi Sosiologi, 25 orang di Prodi Sastera Inggris, dan 30 orang diterima di Prodi Ilmu Politik.

Rektor Muh Yusuf menambahkan, tahun 2016 ini, kuota mahasiswa baru UBB sebanyak 1.046 orang. Jumlah mahasiswa baru itu diperoleh melalui SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri. Lewat SNMPTN, UBB sudah menerima 276 mahasiswa baru.

Dijelaskan, kuota mahasiswa baru UBB tahun ini lebih banyak dibanding tahun lalu. Itu karena UBB menawarkan 18 prodi. Tiga di antaranya merupakan prodi baru, yaitu Fisika, Kimia dan Ekonomi.

“Tiga prodi baru itu kita tawarkan kepada alumni SLTA pada PMB Jalur Mandiri,” ucap Muh Yusuf. (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved