SBMPTN

Gagal SBMPTN, Masih Ada Jalur Mandiri Untuk Masuk UBB

Universitas Bangka Belitung masih menyisakan jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

Gagal SBMPTN, Masih Ada Jalur Mandiri Untuk Masuk UBB
makassar.tribunnews.com
Ilustrasi seleksi SBMPTN 

BANGKAPOS.COM.BANGKA--Universitas Bangka Belitung  masih menyisakan jalur mandiri untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini.

jalur penerimaan dibuka sejak 20 Juni lalu dan  pendaftar jalur mandiri meningkat pascapengumuman SBMPTN yang dilakukan pada Selasa (28/6) lalu.

"Setelah pengumuman SBMPTN kemarin, tampak hari ini (kemarin) jumlah pendaftar Jalur Mandiri lebih banyak. Dari pagi hingga siang ini saja sudah ada 25 pendaftar," kata Ramdan, staf administrasi Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) UBB, Rabu (29/6).

Jalur Mandiri merupakan penerimaan gelombang ketiga, setelah sebelumnya dibuka penerimaan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Kali ini, Jalur Mandiri UBB menawarkan 18 prodi, menyusul adanya penambahan tiga prodi baru yaitu Fisika, Kimia, Ekonomi.

Menurut Ramdan, kelebihan yang dimiliki dari penerimaan Jalur Mandiri adalah para calon peserta yang ingin mendaftar tidak dibatasi tahun kelulusan SLTA-nya. Artinya tidak ada batasan usia dan tahun kelulusan SLTA pendaftar.

"Yang ingin kuliah di UBB dapat memilih tiga prodi secara bersamaan, baik Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Humaniora) dan Campuran (Saintek dan Soshum)," ujarnya.

Rektor UBB, Dr Ir Muh Yusuf MSi, Rabu (29/6) petang, mengatakan Jalur Mandiri akan dibuka hingga 5 Juli mendatang. Kuota dari penerimaan mahasiswa baru (PMB) jalur ini lumayan besar, maksimal 30 persen atau 270 calon mahasiswa baru.

"Bagi alumni SLTA daerah in yang tidak lulus SBMPTN, silahkan segera mendaftarkan diri. Bisa melalui 'online' di laman http://www.ubb.ac.id atau secara 'offline', dengan datang langsung ke Ruang BAAK, Kampus Terpadu UBB di Balunijuk, Merawang," ujar Muh Yusuf didamping Humas UBB, Eddy Jajang Jaya Atmaja.

Dijelaskan Yusuf, meski PMB Jalur Mandiri dikelola sepenuhnya oleh UBB sendiri, namun aspek kualitas soal-soal, pelaksanaan dan penilaian hasil tesnya tetap mengacu pada standar ujian tertulis yang berlaku di SBMPTN.

"Tak ada bedanya. Untuk lulus dari jalur Mandiri, tak ada jalan lain kecuali belajar, belajar serta tekun melakukan latihan menjawab materi tes," katanya.

Sejak PMB Jalur Mandiri dibuka 20 Juni lalu, hingga Rabu (29/6) siang, sudah125 alumni SLTA mendaftar di UBB. Sebagian besar mendaftar secara 'offline'. (doi)

Penulis: Dody
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved