BangkaPos/

Imigrasi Pangkalpinang dan Ombudsman Jalin Sinergi Layani Pengaduan Masyarakat

Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung,menerima kunjungan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Kamis (30/6/2016).

Imigrasi Pangkalpinang dan Ombudsman Jalin Sinergi Layani Pengaduan Masyarakat
(agus nuryadhyn)
Jumli Jamaluddin Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel

Laporan Wartawan Bangkapos Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung,Kamis (30/6/2016) menerima kunjungan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Alwen Nursyam Malik, SH, MM bersama Sekretarisnya Desria Natalia.

Kunjungan di kantor Ombudsman selama lebih kurang 1 jam tersebut, diterima langsung oleh Kepala Perwakilan Ombudsman RI Bangka Belitung, Jumli Jamaluddin dan asisten bidang pencegahan dan pengawasan Prana Susiko serta Mariani, di ruang Kepala Perwakilan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinag, Alwen Nursyam Malik mengungkapkan, kunjungan mereka tersebut selain bersilaturahmi juga bertujuan untuk sharing terkait layanan Imigrasi Kelas I Pangkalpinang.

Kantor Imigrasi Pangkalpinang juga ingin bersinergi dengan Ombudsman RI perwakilan Babel dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan Imigrasi Kelas I Pangkalpinang kepada masyarakat di Bangka Belitung terkait pengelolaan pengaduan masyarakat yang sudah disiapkan oleh Imigrasi Kelas I Pangkalpinang.

Apalagi Alwen Nursyam Malik baru saja menjabat sebagai Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang karena baru 1 (satu) bulan ini, menggantikan Kepala Kantor yang lama, Pramella Y Pasaribu yang sekarang pindah tugas ke Jakarta.

Terkait pelayanan Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Alwen Nusyam Malik siap menerima masukan dan saran-saran dari Ombudsman RI Babel baik terkait Standar Pelayanan (SP), Standar Operasional Prosedur (SOP), maupun terkait keluhan atau pengaduan masyarakat ke Ombudsman terkait pelayanan Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, dalam rangka untuk perbaikan dan peningkatan kualitas layanan publik yang diselenggarakan dan dilaksanakan oleh Imigrasi Kelas I Pangkalpinang.

Pada kesempatan kunjungan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, Alwen Nursyam Malik menyerahkan satu bundel buku panduan Prosedur Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat yang berisikan mengenai Standar Operasional Prosedur (SOP) Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat tentang Pengelolaan Keluhan dan Penanganan Pengaduan Masyarakat di Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang, beserta panduan pelayanan keimigrasian, kepada Kepala Perwakilan Ombudsman RI Babel, Jumli Jamaluddin.

"Di dalam panduan Prosedur Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat yang disampaikan kepada Ombudsman, bahwa guna menjamin ketertiban dan keamanan serta meningkatkan mutu pelayanan jasa keimigrasian bagi masyarakat diperlukan suatu sistem manajemen pengawasan terhadap pelaksanaan tugas pokok dan fungsi serta membuat wadah Pengelolaan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat, dengan tujuan untuk menjamin kepastian hukum dan mutu pelayanan bagi masyarakat dipandang perlu membentuk suatu SOP Pengelolaan Keluhan dan Pengaduan Masyarakat guna mengelola dan menangani setiap keluhan demi terciptanya kepuasan masyarakat," jelas Alwen Nursyam Malik.

Sedangkan maksud dibuatnya SOP tersebut adalah guna menetapkan peramaan suatu mekanisme pelayanan penanganan pengelolaan pengaduan masyarakat yang harus dilakukan, dan sebagai pedoman kepada seluruh Pejabat Struktural dan pegawai dilingkungan Kantor Imigrasi Kelas I Pangkalpinang dalam menerapkan Prinsip Kepastian Hukum dan Pelayanan Prima.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help