Negara Miskin Ini Tak Punya Dana Rayakan Hari Kemerdekaan

Pemerintah Sudan Selatan tidak memiliki uang untuk menggelar sebuah pesta perayaan hari kemerdekaan.

Negara Miskin Ini Tak Punya Dana Rayakan Hari Kemerdekaan
BBC
Warga negara Sudan Selatan mengungsi ke tempat aman karena terjadi konflik di negara mereka. Lebih dari 50 ribu orang di Sudan Selatan mengungsi akibat konflik berkepanjangan. 

BANGKAPOS.COM - Pada 9 Juli mendatang adalah hari kemerdekaan Sudan Selatan yang kelima.

Namun, negeri termuda di dunia itu sudah menyatakan tak akan merayakan hari bersejarah itu.

Mengapa? Alasannya sederhana, pemerintah negeri itu tidak memiliki uang untuk menggelar sebuah pesta perayaan hari kemerdekaan.

"Kami memutuskan untuk tidak merayakan hari kemerdekaan pada 9 Juli mendatang karena kami tak ingin menghabiskan banyak uang. Kami harus menyisihkan uang untuk keperluan lain," kata Menteri Informasi Sudan Selatan, Michael Makuei Lueth awal pekan ini seperti dikutip Al Jazeera.

Lima tahun lalu Sudan Selatan mendeklarasikan kemerdekaan dari Sudan, setelah perang selama beberapa dekade melawan etnis Arab yang banyak menghuni sisi utara negeri itu.

Dalam referendum yang digelar pada 2011, 99 persen pemilik suara memilih untuk merdeka dari Sudan dan sebagian besar negara di dunia kemudian mengakui Sudan Selatan sebagai negara berdaulat.

Sayangnya, akibat kondisi keuangan negara yang buruk, maka rakyat Sudah Selatan tidak akan merayakan pesta hari kemerdekaan mereka.

Menteri Lueth mengatakan, biaya untuk menggelar peringatan hari kemerdekaan diperkirakan mencapai 450.000 poundsterling atau hampir Rp 8 miliar.

"Jika kami bisa mendapatkan uang sebanyak itu maka kami lebih memilih menggunakannya untuk mengatasi masalah ekonomi seperti pembayaran gaji pegawai," ujar Lueth.

Perayaan hari kemerdekaan tahun lalu diwarnai upacara kenegaraan dan parade yang diisi tari-tarian dan pertunjukan musik.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved