Buah Melon Menjadi Petunjuk Penyebab Kebakaran Bengkel

Dua potong buah melon, menjadi petunjuk aparat kepolisian Polres Belitung, dalam menyelidiki penyebab kebakaran bengkel

Buah Melon Menjadi Petunjuk Penyebab Kebakaran Bengkel
asiaone
Melon 

BANGKAPOS.COM, TANJUNGPANDAN -- Dua potong buah melon, menjadi petunjuk aparat kepolisian Polres Belitung, dalam menyelidiki penyebab kebakaran bengkel, Minggu (3/7).

Buah itu ditemukan masih segar, berada di balik puing-puing ruangan tengah, bengkel mobil milik Astori (31).

Buah tersebut, diduga berada di dalam sebuah kulkas yang sebagian berdinding teriplek. Diduga kulkas tersebut, masih dalam kondisi hidup dan tersambung aliran listrik. Ruangan itu, sejak awal ditinggalkan oleh pemilik bengkel dalam kondisi terkunci.

"Soalnya kalau kulkasnya tidak nyala, atau off, buah melon itu pasti sudah busuk ketika ditinggalkan beberapa hari seperti itu. Nah ini masih segar buahnya," kata AKP Chandra Mata Rohansyah kepada Pos Belitung, Minggu (3/7).

Kebakaran bengkel di Jalan Gajah Mada, RT 13/06 Kelurahan Lesung Batang itu terjadi, Sabtu (2/7) sekitar pukul 19.30 WIB. Tim Identifikasi Satreskrim Polres Belitung, kemarin siang sempat kembali mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Kedatangan tim reskrim ini, untuk melakukan olah TKP secara mendetail, dan mencari titik asal muasal api muncul hingga menimbulkan suara ledakan. Alhasil diduga munculnya api tersebut, akibat adanya korsleting listrik di ruang tengah.

"Dugaan karena korsleting listrik dari dalam ruangan itu. Tapi kalau untuk suara ledakan itu, kemungkinan bersumber dari televisi lama yang kondisi off, terutama bagian tabung televisi itu bisa menimbulkan ledakan," ujarnya.

Ruangan yang terkunci sejak awal ditinggalkan oleh warga Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Lesung Batang ini mudik ke Kepulauan Riau itu, banyak menyimpan benda-benda mudah terbakar.

Api cepat menyebar keseluruh ruangan, lantaran terdapat cat, lem aica aibon, dan tiner. Benda-benda tersebut, diduga sebagai pemicu api hingga menjadi besar, dan menyebar secara cepat kepada setiap ruangan.

"Kemungkinan yang menyebabkan api mulai menyebar itu, karena benda-benda ini berbahan minyak. Belum lagi, benda yang ada didalam rumah itu rata-rata mudah terbakar, seperti triplek," ujarnya.

Dari TKP ini, polisi mengamankan sejumlah barang bukti (BB) berupa puing televisi lama, buah melon, aki, kaleng tener, lem aica aibon, kaleng cat minyak, dan segumpalan kabel listrik yang sudah hangus. Diduga gelompokan kabel itu, merupakan rangkaian atau sambungan listrik dari beberapa bagian.

"Termasuk semalam juga kami amankan CCTV, tiga unit mobil, dan dua unit sepeda motor. Untuk penyebabnya karena konsleting listrik, dan kami terus melakukan penyelidikannya," pungkasnya. (N3)

Editor: edwardi
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help