Dispernak Pastikan tak Ada Penyelundupan Daging Celeng ke Bangka

Kemas Arfani Rahman memastikan tidak adanya penyelundupan daging celeng dari Lampung maupun Jambi ke Pulau Bangka.

Dispernak Pastikan tak Ada Penyelundupan Daging Celeng ke Bangka
bangkapos.com/Nurhayati
Para pembeli saat membeli daging sapi, Selasa (5/7/2016) di Pasar Kenanga Sungailiat.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman memastikan tidak adanya penyelundupan daging celeng dari Lampung maupun Jambi ke Pulau Bangka.

Pasalnya ada kekhawatiran masyarakat adanya penyelundupan daging celeng asal Sumatera yang saat ini marak apalagi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah ditengah tingginya kebutuhan daging sapi.

"Insya Allah tidak akan sampai ke Bangka, karena setiap pemasukan hewan/daging hewan ke Bangka akan melalui pemeriksaan Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan yang berada disetiap pelabuhan dan bandara, kecuali bila berasal dari dalam Pulau Bangka itu sendiri. Itulah tupoksi kami dispernak untuk mengawasi dan memeriksanya di pasaran," jelas Kemas saat dikonfirmasi bangkapos.com, Selasa (5/7/2016).

Untuk antisipasinya menurutnya, jelas harus melibatkan semua stakeholder terkait, terutama Balai Karantina Hewan/Tumbuhan dengan memperketat pengawasan di pelabuhan dan bandara.

"Kita selalu mengantisipasinya dengan memeriksa saat dipemotongan Rumah Potong Hewan(RPH) dan saat dijual di pasar, karena kita ada alat untuk melakukan itu," kata Kemas.

Dia berharapkan adanya feedback dari masyarakat sebagai konsumen, bila melihat atau mengetahui adanya kejanggalan dalam distribusi, perlakuan dan pemasaran daging dapat melaporkan kepada pihaknya di Dispernak Kabupaten Bangka.

Selain itu ia mengimbau agar masyarakat dapat jeli dalam melihat kesegaran daging yang dijual, apakah warna daging yang sudah pucat, serat daging yang berbeda dalam tumpukan daging, dan yg terpenting agar dapat membeli daging yang masih tergantung yang tidak basah (gelonggong).

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help