Cobalah Makanan dan Minuman Ini Agar Tetap Sehat Usai Lebaran

Secara umum, sajian yang cocok disantap seusai Lebaran memiliki ciri-ciri rendah kalori, menahan nafsu makan, merangsang

Cobalah Makanan dan Minuman Ini Agar Tetap Sehat Usai Lebaran
http://cdn.klimg.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Secara umum, sajian yang cocok disantap seusai Lebaran memiliki ciri-ciri rendah kalori, menahan nafsu makan, merangsang pembakaran energi, merangsang metabolisme tubuh, dan merangsang pengeluaran zat racun.

Berikut ada beberapa makanan dan minuman sehat usai Lebaran yang bisa Anda konsumsi.

Jahe

Kandungan zat pedas di dalam jahe bisa merangsang pencernaan, sekaligus metabolisme tubuh. Cocok dihidangkan dalam bentuk wedang. Agar tidak menambah asupan kalori, jangan tambahkan gula.

Tapi, jangan terlalu banyak dikonsumsi, karena zat pedas jahe dapat membuat lambung iritasi bagi orang yang sudah memiliki masalah maag.

Jus Buah Asam

Konsumsi buah-buahan dengan rasa asam, seperti jeruk dan lemon. Rasa kecut pada buah-buahan tersebut menandakan bahwa mengandung zat asam seperti asam askorbat (vitamin C) dan asam sitrat.

Sebagian zat asam tersebut dapat menurunkan tekanan darah, mengendalikan gula darah, menurunkan kolesterol, dan/atau mempercepat pengeluaran racun di dalam tubuh. Buah-buahan tersebut adalah jeruk, stroberi, apel, dan jambu biji.

Salah satu kekurangan dari zat asam pada buah adalah dapat mengiritasi lambung, dan menurunkan tekanan darah dengan cepat bahkan cenderung terlalu rendah.

Jadi, harus berhati-hati bagi mereka yang memiliki masalah lambung dan tekanan darah rendah. Cukup pilih buah yang memiliki rasa asam tidak terlalu kuat.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help