Mau Tahu Keris Yang Paling Terkenal Di Indonesia, Berikut Lima Keris Paling Legendaris

Kebudayaan nusantara terutama di Pulau Jawa sejak jaman kerajaan tempo doloe tidak bisa dipisahkan dari senjata

Mau Tahu Keris Yang Paling Terkenal Di Indonesia, Berikut Lima Keris Paling Legendaris
tribunnews.com
ilustrasi keris pusaka 

BANGKAPOS.COM--Kebudayaan nusantara terutama di Pulau Jawa sejak jaman kerajaan tempo doloe tidak bisa dipisahkan dari senjata tradisional yaitu Keris.

Berikut lima keris legendaris di nusantara yang keberadaannya masih melegenda hingga saat ini:

1. Keris Mpu Gandring

Keris Mpu Gandring adalah senjata pusaka yang terkenal dalam riwayat berdirinya Kerajaan Singhasari di daerah Malang, Jawa Timur sekarang.

Keris ini terkenal karena kutukannya yang memakan korban dari kalangan elit Singasari termasuk pendiri dan pemakainya, ken Arok.

Keris ini dibuat oleh seorang pandai besi yang dikenal sangat sakti yang bernama Mpu Gandring, atas pesanan Ken Arok. Setelah selesai menjadi keris dengan bentuk dan wujud yang sempurna bahkan memiliki kemampuan supranatural yang konon dikatakan melebihi keris pusaka masa itu.

Kemudian Ken Arok menguji Keris tersebut dengan menusukannya pada Mpu Gandring yang konon menurutnya tidak menepati janji.

Dalam keadaan sekarat, Mpu Gandring mengeluarkan kutukan bahwa Keris tersebut akan meminta korban nyawa tujuh turunan dari Ken Arok. Dalam perjalanannya, keris ini terlibat dalam perselisihan dan pembunuhan elit kerajaan Singhasari yakni: Tunggul Ametung, Ken Arok, Anusapati dan keturunan Ken Arok.

2. Keris Kyai Setan Kober

Keris Kyai Setan Kober adalah nama keris milik Adipati Jipang, Arya Penangsang. Keris ini dikenakan pada waktu ia perang tanding melawan Sutawijaya.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved