GP Jerman

Ini yang Membuat Rossi Abaikan Instruksi Masuk Pit di GP Jerman

"Masalah terbesarnya adalah saya sangat lambat pada bagian kedua balapan dengan ban intermediate, di lintasan yang mulai mengering," kata Rossi.

Ini yang Membuat Rossi Abaikan Instruksi Masuk Pit di GP Jerman
twitter/motogp
Rossi gagal podium di GP Jerman 

BANGKAPOS.com - Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengaku mendapat masalah ganda sehingga gagal finis di podium GP Jerman di Sachsenring, Minggu (17/7/2016).

Rossi akhirnya finis di urutan ke-8 dan mendapat tambahan delapan poin. Dia kini berada di urutan ketiga klasemen sementara dengan koleksi total 111 poin.

Rossi mengaku kehilangan kecepatan setelah berganti motor pada lap ke-23 dari 30 lap. Padahal sebelumnya pun Rossi sudah melakukan kesalahan terlalu lama masuk pit.

"Masalah terbesarnya adalah saya sangat lambat pada bagian kedua balapan dengan ban intermediate, di lintasan yang mulai mengering," kata Rossi usai balapan.

Rossi masuk ke pit berbarengan dengan tiga pebalap lain yang berada di depan yaitu Andrea Dovizioso (Ducati), Cal Crutclow (LCR Honda), dan Hector Barbera (Avintia) pada akhir lap ke-23 dari total 30 putaran balapan.

Saat keluar dari pit dengan motor kedua, Rossi mengaku tidak punya feeling yang cukup dengan motornya dan sangat lambat.

''Dovizioso dan Crutchlow dan saya bersamaan masuk pit, tapi mereka bisa finis podium. Ini jadi tanda tanya besar apakah saya lebih baik untuk tak masuk pit. Feeling saya tidak bagus dengan ban intermediates, tapi tak ada juga yang tahun apakah saya lebih cepat dengan ban slicks atau sebaliknya. Mungkin motor kami kesulitan dalam kondisi seperti ini, hingga saya sulit mendapatkan feeling.''

Beberapa putaran sebelumnya, Rossi sebenarnya sudah diminta timnya untuk masuk ke pit dan berganti motor. Namun, pebalap 37 tahun tersebut mengabaikan pesan tersebut hingga beberapa putaran.

"Soal strategi, kenyataannya adalah bahwa saya bisa saja berganti motor pada dua atau tiga lap sebelumnya. Namun, itu tidak akan mengubah banyak hal. Jika saya berganti motor lebih awal, saya bisa finis di urutan keenam," ujarnya.

"Pada akhirnya saya finis kedelapan dan saya kehilangan kesempatan untuk meraih poin lebih banyak. Hasil ini sangat disayangkan karena dalam kondisi normal, kami bisa naik podium," ucap Rossi.

Balapan seri ke-9 MotoGP 2016 tersebut dimenangi Marc Marquez (Repsol Honda). Marquez kini memimpin klasemen dengan koleksi poin 59 lebih banyak dari Rossi.

"Dari sembilan balapan pertama, saya tidak meraih poin maksimal karena melakukan beberapa kesalahan. Selisih poin dengan Marquez sangat besar," kata pemilik tujuh gelar juara dunia kelas premier tersebut.

"Namun, masih ada paruh kedua dengan sembilan balapan, yang berarti masih sangat banyak. Kami harus berusaha dengan baik dan mencoba kompetitif, berusaha maksimal, lalau setelah itu kita lihat," ujarnya lagi.

Rossi dan pembalap MotoGP lainnya punya waktu sekitar tiga pekan untuk mempersiapkan diri sebelum menjalani seri ke-10 di Red Bull Ring, Austria, 12-14 Agustus.

Editor: Idandi Meika Jovanka
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help