lkpd 2015

BPK Minta KONI Berikan Bukti Penggunaan Dana Hibah Rp 3,2 Miliar pada Porwil

Rinciannya Rp 1,5 miliar yang tidak didukung dengan bukti pertanggungjawaban dan Rp 1,6 miliar yang pertanggungjawabannya tidak bisa kita uji.

BPK Minta KONI Berikan Bukti Penggunaan Dana Hibah Rp 3,2 Miliar pada Porwil

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta KONI melengkapi bukti pertanggungjawaban penggunaan dana hibah Rp 29,6 miliar untuk kegiatan Pekan Olahraraga Wilayah (Porwil) IX Sumatera 2015.

Rani Agriadi, Pengendali Teknis untuk LKPD Provinsi Babel tahun anggaran 2015, mengatakan dari dana hibah Rp 29,6 miliar, auditor BPK menemukan sebesar Rp 3,2 miliar belum bisa diyakini kewajarannya.

"RinciannyaRp 1,5 miliar yang tidak didukung dengan bukti pertanggungjawaban dan Rp 1,6 miliar yang pertanggungjawabannya tidak bisa kita uji. Tapi dari situ kita belum cukup untuk mengatakan bahwa itu tindak pidana korupsi atau bukan karena perlu pendalaman lagi," ujar Rani via telepon, Selasa (19/7/2016).

Pemprov Babel memberi dana hibah Rp 39 miliar pada KONI Babel untuk Porwil Sumatera IX Tahun 2015. Yang terpakai sebesar Rp 29,6 miliar, dan sisanya sebesar Rp 9,4 miliar.

Ia menjelaskan dari sampel yang diuji tim auditor, ditemukan kelebihan pembayaran di antaranya akomodasi dan konsumsi.

"Ada kelebihan pembayaran akomodasi wasit untuk kegiatan Porwil di Belitung, sebesar 66 juta 15 ribu, itu satu yang jadi rekomendasi kita untuk ditarik atas kelebihan pembayaran itu."

Ia menyebutkan BPK menunggu jawaban dari Pemprov Babel dan KONI Babel yang harus diserahkan selambat-lambatnayya 60 hari mendatang.

Rani menyebutkan temuan BPK dalam dana hibah KONI hanyalah pada penggunaan dana kegiatan porwil, bukan pada sisa hibah.

Ia berharap agar pemerintah dan KONI tidak berpolemik dalam menyelesaikan temuan BPK tersebut

Penulis: krisyanidayati
Editor: Idandi Meika Jovanka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help