Tulang Ikan Bisa Disulap Jadi Kerupuk yang Lezat

Di tangan H Burlian Topo (61), tulang ikan kini mampu disulap menjadi kerupuk yang sangat lezat

Tulang Ikan Bisa Disulap Jadi Kerupuk yang Lezat
Tribun Sumsel
H Burlian Topo dengan kerupuk tulang ikannya 

BANGKAPOS.COM, PALEMBANG - Siapa sangka tulang ikan yang banyak dianggap orang sebagai bagian dari ikan yang tak berguna bahkan berbahaya bagi orang ini, malah bisa dikonsumsi oleh banyak orang.

Di tangan H Burlian Topo (61), tulang ikan kini mampu disulap menjadi kerupuk yang sangat lezat dan digemari oleh semua kalangan.

Bahkan eksperimen pria lulusan SD ini pun mendapatkan penghargaan dari Anugerah IPTEK Labdhakretya tahun 2011 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam inovasi pembuatan kerupuk kemplang berbahan baku tulang ikan.

"Eksperimen ini tidaklah mudah, tak hanya sekali saya bisa berhasil namun butuh waktu hingga tiga kali eksperimen sehingga mampu membuat inovasi ini," kata dia, Minggu (24/7/2016).

Burlian memanfaatkan tulang ikan gabus, tenggiri dan belida yang dibuang atau tak terpakai oleh para pedagang yang diambil dagingnya untuk pembuatan pempek.

Dengan menggunakan tulang ikan tersebut H Burlian mampu meraup uang puluhan juta rupiah setiap bulannya karena inovasi yang dia ciptakan.

Editor: edwardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved