Layanan Administrasi Hukum Umum Online Kikis Pungutan Liar

Freddy Harris mengatakan, sejak dilaunching tahun 2012 hingga saat ini animo masyarakat memanfaatkan akses layanan Administrasi Hukum Umum (AHU)

Layanan Administrasi Hukum Umum Online Kikis Pungutan Liar
bangkapos/khamelia
Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris saat pemaparan. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris menjadi pembicara dalam seminar nasional Pelayanan AHU Online bekerjasama dengan kantor wilayah Babel Kementerian Hukum dan HAM RI dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Pertiba, Rabu (27/7).

Kehadiran Freedy Haris bersama rombongan disambut dengan penghormatan berupa atraksi pencak silat dari atlet-atlet silat kebanggaan STIH Pertiba.

Selanjutnya rombongan diterima oleh Ketua STIH Pertiba, Susanti Eryani, Ketua Pasca Sarjana Pertiba, H. Marbawi, dosen dan 300 mahasiswa.

Kepada wartawan usai seminar Freddy Harris mengatakan, sejak dilaunching tahun 2012 hingga saat ini animo masyarakat memanfaatkan akses layanan Administrasi Hukum Umum (AHU) Online sangat tinggi.

Dalam sehari ia menyebutkan 40.000 orang mengakses layanan tersebut.

"Animonya sangat tinggi untuk itu kita akan terus sosialisasikan layanan ini ke masyarakat," katanya.

Dikatakan Freddy, layanan AHU diharapkan dapat mengikis pungutan liar (pungli) dalam pengurusan izin usaha. Selain mempermudah dan menghemat biaya, AHU Online ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi karena bisa membantu pengusaha lokal.

"Dengan adanya AHU Online penerimaan negara juga semakin baik," tukasnya.

Ia menyebutkan, sistem AHU meliputi pemesanan nama, pendirian, perubahan data perseroan terbatas, yayasan dan perkumpulan online, pendaftaran wasiat online, dan layanan fidusia online.

Dengan sistem ini, pembayaran pengurusan administrasi dilakukan secara digital melalui e-banking.

"Setelah mengisi aplikasi online, pembayarannya bisa melalui bank yang bekerjasama," kata Freddy.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help