Tarian Topeng Tani Banten Juara Umum Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara

Provinsi Banten meraih juara umum dalam Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 yang digelar di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang,

Tarian Topeng Tani Banten Juara Umum Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara

Laporan Wartawan Bangka Pos, Khamelia

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Provinsi Banten meraih juara umum dalam Festival Pesona Serumpun Sebalai Nusantara 2016 yang digelar di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

Kepala seksi Kesenian Disbudpar Provinsi Banten mengaku bangga tarian bertajuk 'Topeng Tani' bisa menyabet Juara Umum dengan meraih tiga kategori sekaligus yakni Penata Tari Terbaik, Penata Musik Terbaik dan Penampilan Terbaik dalam ajang bergengsi lomba tari tingkat nasional tersebut.

"Bangga bisa menang, persiapan kami hanya dua bulan sebelum ikuti festival ini. Padahal tarian dari provinsi lain juga bagus-bagus," kata dia usai menerima tropy juara umum, Selasa (26/7).

tarian topeng banten

Ia menjelaskan, Tarian 'Topeng Tani' ini dilatar belakangi kondisi masyarakat Indonesia khususnya kaum muda yang malu dan enggan menjadi petani.

Petani kini bukan lagi cita-cita yang dirasa membanggakan. Topeng yang terbuat dari anyaman bambu ini menggambarkan generasi saat ini yang cenderung malu mengakui sebagai petani.

"Pesan yang disampaikan bahwa menjadi Petani sungguh membanggakan, nenek moyang kita juga petani dan dari pertanian negeri ini dikenal makmur. Tetapi miris dengan keadaan saat ini, generasi muda menganggap tak membanggakan lagi makanya diakhir tarian ada yel yang mengatakan kami tak malu jadi petani," ujarnya.

Atas prestasi tersebut, Provinsi Banten berhak menerima thophy Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya.

"Juara umum dan juara pertama dalam event ini adalah Provinsi Banten yang menampilkan tarian topeng tani dan berhak mendapat trophy Kementrian RI dan uang tunai Rp 30 juta. Juara 2 diraih Kalimanten Tengah dengan hadiah trophy dan uang tunai Rp 15 juta, dan juara 3 di raih Bangka Belitung yang membawa pulang trophy dan uang tunai Rp 10 juta," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, K.A Tajuddin.

Dia mengatakan, festival ini adalah ajang kompetisi tarian tradisional tingkat nasional yang diikuti oleh delapan provinsi untuk mendorong para seniman meningkatkan kualitas seni dan kreatifitasnya dalam melestarikan seni budaya daerah.

"Disini kita menyaksikan tarian-tarian dari berbagai daerah sebagai perbandingan antar seniman dalam berekspresi dan akan menjadi perbaikan untuk kita sendiri agar kedepan dapat menonjolkan kreativitas yang lebih baik lagi," ujarnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Periwisata RI, Esthy Reko Astuti berharap, pemerintah provinsi dapat meningkatkan kreatifitasnya dengan mengembangkan produk seni budaya agar menarik wisatawan berkunjung ke daerah.

"Festival ini salah satu produk budaya yang dapat dikembangkan agar dapat menarik wisatawan. Event seperti ini juga dapat memberi nilai tambah bagi perekonomian daerah," pungkasnya.

Penulis: khamelia
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help