Ketua BEM Pertiba Ini Juara Lomba Debat

Sosok ramah dan murah senyum tergambar dari sikap mahasiswa ini yang baru saja berhasil menyabet juara harapan I dalam lomba debat

Ketua BEM Pertiba Ini Juara Lomba Debat
bangkapos.com/Ryan A Prakasa
Aldi

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebuah kesuksesan tak akan berhasil diraih jika hanya diam dan berpangku tangan.

Filosofi itu pun sempat terlontar dari mulut mahasiswa asal Perguruan Tinggi Bangka (Pertiba) ini ketika bangkapos.com berkesempatan melakukan bincang-bincang ringan, Jumat (25/7/2016) pagi tadi di sebuah kafe di kawasan Kota Pangkalpinang.

Sosok ramah dan murah senyum tergambar dari sikap mahasiswa ini yang baru saja berhasil menyabet juara harapan I dalam lomba debat antar mahasiswa perguruan tinggi se-provinsi Bangka Belitung (Babel).

Aldi panggilan akrab sehari-hari mahasiswa ini oleh para sahabat dekatnya justru sama sekali ia tak menyangka jika dirinya berhasil mendapatkan penghargaan berikut piala dan uang tunai atas prestasi yang berhasil diraihnya belum lama ini (juara harapan I lomba debat antar mahasiswa perguruan tinggi se-Babel) yang digelar oleh pihak Kementerian Pertahanan RI (Kemenhan) di Kota Pangkalpinang.

Pasalnya Aldi mengaku dirinya sama sekali belum cukup melakukan persiapan saat mengikuti lomba debat yang diikutinya itu. Namun dengan bermodalkan keyakinan serta kegemaran membaca membuat dirinya justru lebih percaya diri saat dirinya telah lolos seleksi sebagai seorang finalis yang ikut dalam even lomba debat tersebut.

"Alhamdulilah semua ini berkat Kuasa-Nya. Apapun bentuk pengorbanan untuk hal yang positif pastilah ada hasilnya," kata mahasiswa penyuka aliran musik slow rock kini ia sudah masuk semester V pada jurusan Tata Negara di kampus Pertiba Kota Pangkalpinang.

Keberhasilan yang diraihnya itu pun justru diakuinya tidaklah mudah meski hanya meraih juara harapan I lomba debat antar mahasiswa perguruan tinggi se-provinsi Babel belum lama ini, sebab saat mengikuti lomba debat yang digelar, Senin (24/7/2016) digelar oleh pihak Kemenhan RI di gedung LPMP Provinsi Babel, Air Itam Kota Pangkalpinang.

Ia mesti memeras otak lantaran 11 materi soal pertanyaan yang mesti diberikan penjelasan oleh tiap peserta lomba debat tersebut.

"Diantara sebelas materi dalam lomba debat itu yakni masalaha konflik di negara-negara ASEAN, kemudian permasalahan hukum, budaya, politik, ekonomi dan sosial. Termasuk soal pengetahuan tentang kemaritiman dan bela negara," papar ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Pertiba itu..

Tak sekedar itu dalam lomba debat yang pernah diikuti olehnya itu tak saja peserta mahir dalam berkomunikasi di muka umum khususnya di hadapan para dewan juri, akan tetapi peserta akan mendapat penilaian khusus dari para juri jika peserta memberikan penjelasan atau pandangannya secara intelektual dan logika seorang mahasiswa.

"Semua itu juga berkat doa restu kedua orang tua saya," ujar mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi kemasyarakatan mengakhiri obrolan singkat dengan bangkapos.com saat itu.

Penulis: ryan augusta
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help