Home »

Lokal

» Bangka

Coba Masakan Khas Bangka, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan Sebut Enak Luar Biasa

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ternyata menyukai masakan khas Bangka yakni Mangut Ikan Pari.

Coba Masakan Khas Bangka, Gubernur Jabar  Ahmad Heryawan Sebut Enak Luar Biasa
Bangka Pos / Nurhayati
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Gubernur Babel Rustam Effendi santap malam ditemani Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Kapolres Bangka AKBP Sekar Maulana dan Ketua Kejaksaan Negeri Sungailiat Supardi, Selasa (2/8/2016) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan ternyata menyukai masakan khas Bangka yakni Mangut Ikan Pari.

Ikan Pari yang dimasak dengan bumbu lempah kuning yang ditumis dengan kuah kental ini ternyata mempunyai sensasi tersendiri di lidah pria yang akrab disapa Aher ini.

"Tadi terus terang saya mencicipi makanan khas Bangka. Tadi yang paling menakjubkan adalah ikan pari. Di Jawa Barat tidak ada ikan pari yang dimasak ikan pari segar, tidak ada. Di Jawa Barat seluruhnya ikan pari asin. Luar biasanya enaknya ikan pari karena tulangnya semua tulang rawan tidak ada tulang keras. Tadi saya disuguhi ikan pari yang disayur bukannya yang digoreng seperti orang Sunda ternyata enak luar biasa. Alhamdulillah," puji Aher dalam sambutannya usai melantik Pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Sunda Ngumbara Kabupaten Bangka, Selasa (2/8/2016) malam di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Kendati dia pernah makan sashimi ala Jepang dengan ikan tuna yang mahal dimana satu porsinya terdiri empat irisan senilai Rp 600.000, namun baginya nasi liwet dengan ikan peda lebih nikmat luar biasa dibandingkan menu sashimi Jepang di hotel bintang lima.

"Saya pernah diajak oleh seorang tamu untuk makan makanan Jepang yang paling mahal yaitu sashimi dengan menu daging bagian perut dari tuna. Satu porsinya empat sles Rp 600.000 di hotel bintang lima. Saya mencicipi ditanya sama yang ngajak makan pak gub enak, saya bilang enak. Dalam hati wee meskipun mahal tetap nasi liwet peda," ungkap Aher yang disambut tepuk tangan dari warga Sunda di Kabupaten Bangka.

Baginya selera lokal masakan khas Sunda tak pernah hilang dari lidahnya. Namun ia menambahkan satu makanan khas daerah baru saja dicicipinya yakni lempah (sayur) khas Bangka, Mangut Ikan Pari.

"Gubernur saya menambah satu kuliner baru yang saya sukai yaitu Ikan Pari yang dimasak dengan cara masak Bangka Belitung itu yang saya suka," ucap Aher.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tiba di Gedung Sepintu Sedulang bersama Gubernur Babel H Rustam Effendi, Selasa (2/8/2016) sekitar jam 20.05 WIB malam.

Kedatangan Ahmad Heryawan ini untuk menghadiri pelantikan Pengurus Forum Komunikasi Masyarakat Sunda Ngumbara Kabupaten Bangka.

Setelah sampai di Gedung Sepintu Sedulang Aher panggilan akrab Ahmad Heryawan bersama Rustam Effendi dan para undangan yang hadir langsung dijamu makan malam bersama oleh Wakil Bupati Bangka Rustamsyah, Ketua PKK Kabupaten Bangka Hj Mina Tarmizi dan Ketua Halal Bihalal Panitia Forum Komunikasi Masyarakat Sunda Ngumbara Kabupaten Bangka Asep Setiawan.

Pada pertemuan ini, Aher tampak berbincang akrab dengan Rustam.

Keduanya dijamu menu khas Bangka seperti Mangut Ikan Pari, Lempah Tulang Rusuk Kedondong, Tumis Jantung Pisang dan juga menu lainnya.

Namun tak lupa lalapan yang menjadi menu khas Sunda.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help