Anggaran KKP Dipotong Hingga Rp 5,5 Triliun, Ini Kata Menteri Susi

Selama ini sebagian besar anggaran tersebut justru digunakan untuk kegiataan yang dianggap tidak produktif.

Anggaran KKP Dipotong Hingga Rp 5,5 Triliun, Ini Kata Menteri Susi
KOMPAS.com/ RAHMAN RAHMAT PATTY
Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pujiastuti saat meninjau Pelabuhan Perikanan Nasional di kawasan Tantui Ambon, Kamis (11/12/2014). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Menteri Kalautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menanggapi santai pemangkasan anggaran kementerian yang ia pimpin.

BACA : Hati-hati dengan Jenis Makanan Ini, Produknya Banyak Pelanggaran

Total anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dipangkas mencapai Rp 5,5 triliun atau 42 persen dari anggaran awal Rp 13,9 triliun pada APBN-P 2016.

"Saya sangat mendukung keputusan Kemenkeu dan Presiden (memotong anggaran KKP)," ujar Susi di Jakarta, Kamis (4/8/2016).

VIDEO : Kisah Gamer Cantik Asal Indonesia dengan Gaji Rp 137 Juta

Ia menuturkan pemangkasan anggaran dilakukan pada tiga tahap yakni Rp 2,9 triliun, Rp 600 miliar, dan terbaru Rp 2 triliun. Menurut Susi, besarnya anggaran di KKP justru membuat kementerian tersebut tidak efisien.

Selama ini sebagian besar anggaran tersebut justru digunakan untuk kegiataan yang dianggap tidak produktif. Misalnya seminar-seminar, perjalanan dinas, lokakarya, hingga menyewa konsultan-konsultan.

BACA : Kasiat Bunga Mawar Selain Sebagai Tanda Cinta Banyak Manfaatnya

Meski 42 persen anggaranya dipangkas, KKP menyatakan kalau kinerja kementerian tidak akan terganggu. Sebab, pemangkasan anggaran tersebut dilakukan untuk kegiatan-kegiatan yang tidak produktif.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memutuskan untuk memangkas anggaran belanja pemerintah pusat hingga Rp 65 triliun pada APBN-P 2016.

Selain itu anggaraan transfer ke daerah juga di pangas Rp 68,9 triliun. Hal itu dilakukan lantaran pemerintah yakin target penerimaan negara dari pajak akan meleset Rp 219 dari target semula.

Editor: dedypurwadi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help