IJTI Desak Anggota TNI AU Penganiaya Wartawan Diproses Hukum

IJTI mendesak adanya proses secara hukum pelaku kekerasan yang juga bertentangan dengan Undang-Undang Pers No 40 Tahun 1999.

IJTI Desak Anggota TNI AU Penganiaya Wartawan Diproses Hukum
Tribun Medan / Risky
Anggota TNI AU saat bentrok dengan warga di Jalan Avros, Medan, Senin (15/8/2016). 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA – Kekerasan dialami wartawan yang sedang meliput sengketa lahan antara warga dan TNI AU di Jalan SMA Dua Medan, Sumatera Utara, Senin (15/8/2016).

Seorang anggota TNI AU menyisir dan mengambil paksa kamera, tanda pengenal dan dompet wartawan. Selain barang-barangnya dirampas, korban juga ditonjok anggota TNI AU hingga luka di pelipis matanya.

Menyikapi kejadian tersebut, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia meminta TNI AU mengembalikan barang wartawan yang diambil secara paksa oleh anggota TNI AU.

Wartawan Tribun Medan, Array Argus, menjalani perawatan di ruang IGD RS Mitra Sejati, Medan, Sumatera Utara, Senin (15/8/2016). Array satu dari sekian wartawan yang menjadi korban kebrutalan anggota TNI AU di lokasi lahan sengketa di Sarirejo. (TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR)

IJTI juga mendesak adanya proses secara hukum pelaku kekerasan yang juga bertentangan dengan Undang-Undang Pers No 40 Tahun 1999.

Selain dua tuntutan tersebut, IJTI sudah berkoordinasi dengan Dewan Pers untuk mengawal kasus ini supaya tuntas dan menugaskan Satgas Anti Kekerasan terhadap Pers untuk terjun ke lapangan.

IJTI juga menghimbau kepada seluruh wartawan di tanah air, untuk bekerja sesuai kode etik, menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalistik dan penuh tanggungjawab.

Setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Sejati dan pemeriksaan x-ray di Pramita Lab, wartawan korban penganiayaan anggota TNI AU yang mengamankan sengketa lahan di Sarirejo menuturkan kronologis dirinya dianiaya puluhan anggota TNI AU Lanud Suwondo Medan.

Array Argus, satu dari tiga wartawan korban penganiayaan mengatakan saat itu ia sedang mewawancarai seorang ibu yang anaknya lebih dulu disekap anggota TNI AU.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help