Ini 6 Fakta Seputar Kopi dan Kafein yang Perlu Diketahui

Kafein adalah stimulan yang paling sering dikonsumsi di dunia. Selain murah, akses untuk mendapatkannya juga mudah

Ini 6 Fakta Seputar  Kopi dan Kafein yang Perlu Diketahui
Kompas.com
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM--Kafein adalah stimulan yang paling sering dikonsumsi di dunia. Selain murah, akses untuk mendapatkannya juga mudah, tersedia dalam sumber alami seperti kopi, teh, atau kokoa, dan juga zat tambahan di soda atau minuman energi.

Peneliti dari Johns Hopkins University memperkirakan, 80-90 persen orang di Amerika Utara mengonsumsi kafein secara teratur.

Meski beberapa studi menyebutkan manfaat kesehatan kafein, tetapi ada juga risikonya, terutama kalau dikonsumsi cukup banyak. Perkaya informasi Anda mengenai zat ini.

1. Apa itu kafein

Kafein adalah obat yang ditemukan secara alami dalam biji kopi, daun teh, atau pun kokoa. Rasanya sangat pahit dan tidak berbau.

Para ilmuwan percaya tumbuhan memproduksi kafein sebagai mekanisme bertahan. "Supaya tidak dimakan. Secara alami kafein dibuat untuk menjauhi hama," kata Jennifer Temple, peneliti bidang kafein dari Universitas Buffalo.

Manusia lalu mengubah zat alami itu menjadi berbagai jenis makanan, minuman, dan juga obat-obatan.

2. Pengaruhnya pada tubuh

Begitu kita menyeruput kafein, ia langsung masuk ke peredaran darah melalui lambung dan usus kecil, lalu efeknya mulai terasa dalam 15 menit.

Kafein menghalangi kerja zat kimia otak adenosine, yang terkait dengan rasa kantuk. Kafein juga memicu pelepasan adrenalin yang akan menyebabkan otot mengencang dan meningkatkan detak jantung serta tekanan darah.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved