ISIS akan Bergeser ke Asia Tenggara Termasuk Indonesia

Pasukan koalisi yang didukung AS mulai mengambil alih kekuasaan di Suriah, Irak dan Afghanistan, memaksa para pemimpin kelompok teror brutal itu harus

ISIS akan Bergeser ke Asia Tenggara Termasuk Indonesia
express.co.uk
Sejumlah analis memperingatkan setelah kalah dan lemah di Timur Tengah, ISIS akan segera menggeser basis komando dan serangan ke wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. 

BANGKAPOS.COM -- Setelah hancur di Timur Tengah, Pusat Komando Negara Islam (ISIS) mengincar basis komando dan operasinya di wilayah di Asia Tenggara.

Mulai dari Indonesia, Malaysia,Thailand, dan Filipina tujuannya untuk mempertahankan eksistensi gerakan radikal ini.

Pasukan koalisi yang didukung AS mulai mengambil alih kekuasaan di Suriah, Irak dan Afghanistan, memaksa para pemimpin kelompok teror brutal itu harus mencari basis baru.

Para ekstremis telah mengincar banyak lokasi wisata di Eropa untuk dijadikan sasaran penyerangan.

Seperti diwartakan express.co.uk, berdasarkan data intelijen, ISIS telah mengirimkan ratusan ribu dolar ke Asia Tenggara untuk merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan serangan di kawasan Asia Tenggara.

Puku terbaru, pejuang ISIS terusir dari kota Manbij, wilayah Suriah utara yang sudah dua tahun dikuasai oleh para ekstremis itu.

Kekalahan telak memicu banyak menyebabkan terjadi bumi hangus wilayah kota, ISIS juga menggunakan warga setempat sebagai perisai hidup, ketika mereka bertempur di parit-parit perlindungan.

Para analis khawatir Asia Tenggara akan menyediakan lahan subur bagi ISIS, karena kawasan sudah terkontaminasi oleh faham kekerasam akibat pandangan yang menyesatkan kelompok barbar tentang Islam dan tekad untuk membantai musuh-musuhnya.

Aparat keamanan di Thailand melakukan penjagaan lebih ketata pasca peledakan bom.(express.co.uk)
Petugas keamanan Thailand menggunakan anjing pelacak untuk berjaga-jaga. (express.co.uk)

Kelompok-kelompok teror berbahaya beroperasi di Indonesia, Thailand, Malaysia dan Filipina dan diperkirakan ISIS ingin membawa mereka bersama-sama untuk menciptakan sebuah gerakan jihad daerah ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help