UBB Dukung Kabupaten Belitung Dirikan Politeknik

UBB siap membantu kehadiran lembaga pendidikan vokasi atau jenjang program diploma tersebut.

UBB Dukung Kabupaten Belitung Dirikan Politeknik
IST
Foto bersama saat kunjungan Rektor UBB ke Pemerintah Kabupaten Belitung. (Dari kiri ke kanan)Nanang Wahyudin SE MSi (Sekretaris LPPM UBB), Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc (Warek II UBB), Dr Ir Muh Yusuf MSi (Rektor UBB), H Sahani Saleh S Sos (Bupati Belitung), Fadillah Sabri ST M Eng (Warek III UBB), Drs H Erwandi A Rani (Wakil Bupati Belitung), Drs H Jasagung Hariyadi MSi(Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi) dan Drs Irfani Mauran (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA,-- Universitas Bangka Belitung (UBB) mendukung Belitung mendirikan politeknik pariwisata dan perikanan-kelautan. UBB siap membantu kehadiran lembaga pendidikan vokasi atau jenjang program diploma tersebut.

Jalur vokasional adalah Pendidikan yang mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang siap bekerja, pendidikan vokasional menitikberatkan proses pembelajaran pada praktikum yang mencakup 60% dari total sks yang ditawarkan.

“Melihatgeliat pariwisata dan potensi kelautan yang ada di Pulau Belitung, maka diperlukan SDM yang siap terjun ke masyarakat, UBB mendukung dan siap membantu untuk mewujudkan rencana tersebut,”ujar Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi, saat berkunjung dan bertemu dengan Bupati Belitung.H Sahani Saleh S Sos di ruang kerja bupati, Jumat (19/08/2016) lalu.

Dalam kunjungan tersebut Rektor UBB didampingi oleh Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc, Wakil Rektor III Fadillah Sabri ST M Eng serta Nanang Wahyudin SE MSi staf Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UBB dan staf Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) UBB.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut Wakil Bupati Belitung Drs H Erwandi A Rani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs Irfani Mauran serta Asisten II Bidang Pembangunan dan Ekonomi Drs H Jasagung Hariyadi MSi.

“Melihat perkembangan sektor wisata di Pulau Belitung yang sangat berkembang saat ini, mungkin saja untuk menambahkan Perikanan dan Kelautan didalam wisata.Wisatawan bisa diajak ke daerah binaan budidaya rumput laut, budidaya kerapu dan kepiting serta konservasi mangrove,”ujar Muh Yusuf yang juga pakar kelautan, dalam relase yang diterima bangkapos, Senin (22/8/2016).

Agus Hartoko menjelaskan bahwa perguruan tinggi tidak hanya teori saja. UBB saat ini sudah siap dalam ilmu dan teknologi untuk membantu masyarakat mengantisipasi perekonomian pasca timah.

Diantaranya UBB saat ini telah mengembangkanvariatas atau bibit unggul lada yang telah diuji dan ditanam di kebun percobaan yang ada di kampus UBB, tinggal menunggu sertifikasi, agar kemudian bisa di terjunkan langsung ke masyarakat.

Beberapa saat lalu UBB telah mengadakan pelatihan kepada masyarakat untuk mengolah limbah cangkang kepiting atau rajungan menjadi chitosan serta pembuatan pewarna alami untuk pewarna tekstil dari limbah mangrove di Bangka selatan.

Chitosan adalah bahan alami yang berguna sebagai anti bakteri, digunakan sebagai pengawet makanan juga anti bakteri untuk tanaman seperti lada, sayuran dan buah-buahan.

Halaman
12
Penulis: Dody
Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help