Erzaldi Ingin Jadikan Babel Tuan Rumah Event Panjat Tebing se-Asia Pasific

Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan, membuka secara resmi Kejuaraan Nasional Panjat Tebing kelompok umur-XI

Erzaldi Ingin Jadikan Babel Tuan Rumah Event Panjat Tebing se-Asia Pasific
IST
Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan, membuka secara resmi Kejuaraan Nasional Panjat Tebing kelompok umur-XI di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Rabu(24/8/2016).

BANGKA, BANGKAPOS.COM -- Bupati Bangka Tengah, Erzaldi Rosman Djohan, membuka secara resmi Kejuaraan Nasional Panjat Tebing kelompok umur-XI di Pantai Terentang, Bangka Tengah, Rabu(24/8/2016).

Event nasional ini merupakan event yang membanggakan bagi Provinsi Bangka Belitung. Pasalnya di Bangka Tengah ini, event tersebut pertama kali diadakan. Karena dukungan Erzaldi yang serius pada pengembangan infrastruktur dan para atlet, maka event national ini dapat terselenggara di Bangka Tengah.

"Ini merupakan olahraga yang menantang, saya berharap akan timbul generasi muda yang berani dan cerdas menghadapi tantangan-tantangan," tutur Erzaldi.

Erzaldi melihat event ini dapat membangkitkan semangat berolahraga, ditambah event ini juga dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke pantai yang memiliki panjang 18KM tersebut. Ia melihat ada potensi yang sangat baik bila olahraga disinergikan dengan pariwisata yang jika terus dikembangkan akan menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Sedikitnya 267 atlet panjat tebing 26 provinsi berpartisipasi dalam event ini. Bangka Belitung menjadi penyumbang atlet terbanyak yaitu 41 dalam event yang memperebutkan 30 mendali emas, perak, dan perunggu dalam nomor lead, bolder, dan speed world record ini.

"Event ini bertujuan untuk mencari bibit atlet berbakat dan menjalin silaturahmi antar provinsi seluruh Indonesia," tutur Ketua Panitia Kegiatan, Masito S Kom.

Erzaldi yakin dengan diadakannya event ini akan menjadikan wisata di Bangka Tengah atau Babel seluruhnya akan meningkat, karena para atlet yang berusia 7 sampai 19 tahun ini sebagian besar mengajar serta orang tua mereka. Ia juga ingin di Babel menjadi provinsi yang dapat menjadi tuan rumah dalam event panjat tebing se-Asia Pasific.

"Babel memiliki atlet andalan dalam atletik dan panjat Tebing. Saya mendukung usulan baik pak Erzaldi untuk event panjat tebing Asia Pasific tersebut," kata Ketua Umum Koni Babel, Darma Sutomo.
Bangka Tengah memiliki spot panjat tebing yang berbeda dari event biasanya, pasalnya event ini diadakan di pinggir pantai yang memiliki tantangan tersendiri yang tentu diiringi dengan keindahan laut yang tidak terdapat di event panjat tebing lainnya.

Oleh karena itu, event panjat tebing kali ini menjadi event nasional panjat tebing yang memiliki jumlah peserta terbanyak dari event sebelumnya.

"Lokasi di Babel ini baik sekali. Kontruksi dinding baik dan view ini luar biasa menjadi khas di Bangka. Kata Pak Bupati tentang sport yang berkaitan dengan pariwisata itu menjadi usulan yang baik sekali," tutur Ketua 3 Pengurus pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia(FPTI), dalam release yang diterima bangkapos.com, Rabu (24/8/2016). (*)

Penulis: Dody
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved