Ingat, Inilah 7 Tanda Kecanduan Seks

Tokoh terkenal yang disebut-sebut memiliki gangguan hiperseks adalah pegolf Tiger Wood yang memiliki skandal seks dengan sejumlah wanita. Yang ter...

Ingat, Inilah 7 Tanda Kecanduan Seks
Thinkstockphotos
Ilustrasi 

SEKS memang termasuk dalam kebutuhan dasar manusia. Meski begitu, bila keinginan seksual sulit dikendalikan, kemungkinan besar itu adalah gejala kecanduan seks.

BACA: Bikin Heboh Media Sosial, Pria Ini Mendadak Batalkan Lamaran Karena Kejujuran 'Kekasih Cantiknya'

Tokoh terkenal yang disebut-sebut memiliki gangguan hiperseks adalah pegolf Tiger Wood yang memiliki skandal seks dengan sejumlah wanita. Yang terbaru adalah Ozzy Osbourne, vokalis band metal Black Sabbath, yang beralasan selingkuh dari istrinya karena memiliki kecanduan seks.

BACA: Ternyata Inilah Atlet yang Bersinar pada Olimpiade Rio 2016

Tak mudah mengenali kecanduan seks. Malah, kebanyakan memiliki perilaku yang tampak normal. Diperlukan pemeriksaan mendalam oleh ahlinya, yaitu psikiater atau psikolog untuk memastikannya.

Walau demikian, tentu ada perbedaan antara dorongan seks yang besar dengan kecanduan seks. Lisa Bahar, terapis keluarga dan pernikahan, mengatakan kecanduan seks dicirikan dengan "ketidakstabilan atau rasa kemarahan dan ketergesaan", dibandingan dengan kesadaran akan kebutuhan pasangan.

BACA: Raffi Ahmad Disarankan Tinggalkan 'Fatamorgana', Jika Tidak Ingin Terjadi Hal Ini

Menurut Bahar, ada 7 tanda seseorang yang mengalami kecanduan seks.

1. Berganti pasangan
Ada orang yang memang dengan cepat mendapat pasangan baru setelah berakhirnya hubungan yang lama. Tetapi, jika sudah menjadi kebiasaan, seseorang akan memiliki kebutuhan besar mendapat pasangan seksual.

2. Sering berbohong
Hampir semua pecandu, apa pun bentuknya, sering terjebak dalam jaring kebohongan yang ia ciptakan sendiri untuk menutupi aksinya. Untuk pecandu seks, ia mungkin akan berbohong tentang orang yang ia temui. Selain itu, risiko perilaku mereka juga akan meningkat, misalnya membayar pekerja seks.

Halaman
12
Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help