Mantan Narapidana Boleh Daftar Jadi Cagub Babel

Mantan narapidana boleh saja mencalonkan atau dicalonkan sebagai calon kepala daerah sesuai ketentuan Undang-Undang KPU

Mantan Narapidana Boleh Daftar Jadi Cagub Babel
bangkapos.com/Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat berfoto bersama dengan para narasumber pada saat dialog interaktif Pojok Pilkada Stand KPU Kabupaten Bangka dialog interaktif Pojok Pilkada Stand KPU Kabupaten Bangka, Minggu (28/8/2016) malam di Taman Hiburan Rakyat Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mantan narapidana boleh saja mencalonkan atau dicalonkan sebagai calon kepala daerah sesuai ketentuan Undang-Undang Komisi Pemilihan Umum (KPU) terbaru Nomor 10 Tahun 2016.

Dengan demikian tidak ada larangan bagi mantan narapidana untuk mencalonkan diri sebagai calon kepala daerah pada Pilgub Babel yang akan berlangsung, tanggal 15 Februari 2017 nanti.

"Ketentuannya terakhir dengan peraturan KPU terbaru UU Nomor 10 Tahun 2016 mantan narapidana boleh dicalonkan sepanjang dia telah bebas murni dari penjara. Kemudian menyampaikan atau mengumumkan ke publik bahwa dia mengakui sebagai mantan narapidana," jelas anggota KPU Babel Divisi Teknis Penyelenggaraan, Guid Cardi saat dialog interaktif Pojok Pilkada Stand KPU Kabupaten Bangka, Minggu (28/8/2016) malam di Taman Hiburan Rakyat Kabupaten Bangka.

Namun calon tersebut harus mendapatkan surat keterangan dari pihak kepolisian bahwa bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang.

"Begitu syaratnya harus dipenuhi," kata Quid Cardi

Dijelaskannya jika dulu dalam peraturan ada ancaman minimal penjara berapa tahun, sekarang tidak ada lagi. Sedangkan bagi mantan narapidana yang pelaku kejahatan seksual dan narkoba tidak boleh mencalonkan atau dicalonkan sebagai kepala daerah.

"Mantan narapidana korupsi boleh yang penting bersangkutan sudah bebas, kalau bebas bersyarat sulit," ucap Guid Cardi.

Dialog Interaktif ini yang dipandu Reporter LPP RRI Sungailiat Ully ini dihadiri Bupati Bangka H Tarmizi Saat, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Parulian, Ketua KPU Kabupaten Bangka Zulkarnain, Kasat Reskrim Polres Bangka Kompol Ridwan Rajadewa, Asisten Bidang Kesra Arman Agus, Ketua DPD II KNPI Ujang Suprianto, Kabag PDE dan Santel Setda Bangka Boy Yandra dan undangan lainnya.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved