Manfaat Makan Sebelum Pukul 07.00 Malam

Makan pada malam hari jadi tidak sehat karena membuat tubuh "terjaga" ketika seharusnya mulai beristirahat.

Manfaat Makan Sebelum Pukul 07.00 Malam
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM - Makan pada malam hari jadi tidak sehat karena membuat tubuh "terjaga" ketika seharusnya mulai beristirahat.

Para ahli jantung memperingatkan orang dewasa agar tidak makan dalam waktu dua jam sebelum tidur. Idealnya, tidak makan lagi setelah pukul 07.00 malam.

Tubuh orang sehat mengalami penurunan tekanan darah sampai paling tidak 10 persen ketika mereka pergi tidur.

Akan tetapi, hasil sebuah penelitian terhadap lebih dari 700 orang dengan tekanan darah tinggi menunjukkan, makan dalam dua jam sebelum tidur berarti membuat tekanan darah tetap tinggi.

Para ahli berpendapat hal itu terjadi karena makan mengeluarkan hormon stres ketika tubuh seharusnya mulai rileks. Orang yang tekanan darahnya tidak turun pada saat malam mengalami risiko lebih tinggi kematian yang berkaitan dengan jantung.

Para peneliti Turki menemukan, mereka yang makan larut malam hampir tiga kali memiliki risiko itu.

Peneliti dr Ebru Özpelit mempresentasikan penelitiannya pada kongres European Society of Cardiology di Roma. Ia mengatakan, "Jika kita makan pada malam hari, tubuh pada dasarnya tetap waspada seperti di siang hari, bukannya rileks, bersiap untuk tidur."

"Hormon stres yang dikeluarkan menyebabkan tekanan darah tidak turun selama tidur. Hal ini seharusnya tidak perlu terjadi," katanya.

Özpelit, seorang dokter dari Dokuz Eylül University, Turki, melacak 721 orang terdiagnosis tekanan darah tinggi dengan rata-rata usia 53 tahun.

Ia menemukan, mereka yang makan dalam dua jam sebelum tidur 2,8 kali cenderung tetap mengalami tekanan darah tinggi pada malam hari.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help