China Lecehkan Obama, Turun dari Pesawat Tak Diberi Tangga, Karpet Merah Keluar dari Pintu Belakang

Belum apa-apa, kunjungan Presiden AS Barack Obama di China jelang pertemuan puncak G-20 sudah mengundang kontroversi.

China Lecehkan Obama, Turun dari Pesawat Tak Diberi Tangga, Karpet Merah Keluar dari Pintu Belakang
AP Photo/C Kaster
Pemerintah China tidak menyediakan tangga pesawat dan karpet merah saat Presiden AS Barack Obama mendarat di Bandara Hangzhou, China. Ia terpasa turun lewat pintu belakang pesawat Air Force One. 

BANGKAPOS.COM - Kunjungan Presiden AS Barack Obama ke China diawali dengan insiden di Bandara Hangzhou, seperti dilaporkan Deutche Welle, Senin (5/9/2016).

Media barat menilai, Beijing sengaja mengacaukan upacara penyambutan presiden lantaran kritik Obama ihwal Laut China Selatan (LCS).

Belum apa-apa, kunjungan Presiden AS Barack Obama di China jelang pertemuan puncak G-20 sudah mengundang kontroversi.

Inikah cara China "kerjai" Obama?

Perkara berawal dari upacara penyambutan orang nomor satu AS itu yang dilangsungkan tanpa karpet merah dan tangga pesawat.

Akibatnya, Obama harus turun dari pintu belakang, jauh dari jangkauan juru kamera.

Jurnalis New York Times, Mark Lander, yang berada di lokasi, mengaku "belum pernah mengalami kekacauan protokol seperti ini" selama enam tahun meliput di Gedung Putih.

Dugaan kesengajaan menguat terutama karena sebelumnya upacara penyambutan Presiden Brasil Michel Temer berlangsung meriah.

Tanpa insiden itu pun, kunjungan Obama ke China sudah bertabur ranjau diplomatik, terutama terkait isu LCS dan Laut China Timur (LCT) yang membebani hubungan kedua negara.

Sebelum lawatannya ke China, Obama telah lebih dulu mewanti-wanti Beijing agar menahan diri atau menerima "konsekuensi".

Halaman
12
Editor: Hendra
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved