Ini Tanggapan Dosen UBB yang Dituding Plagiat, Satu Orang Mundur Dua Lagi Tetap Mengajar

Satu dari tiga nama dosen yang diduga melakukan tindakan menjiplak itu adalah Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Fakultas Hukum UBB.

Ini Tanggapan Dosen UBB yang Dituding Plagiat, Satu Orang Mundur Dua Lagi Tetap Mengajar
facebook
Rio Armanda Agustian 

PANGKALPINANG, BANGKA POS - Tiga dosen Universitas Bangka Belitung disebut-sebut melakukan plagiat saat mengikuti Jenjang Jabatan Akademik (JJA).

Satu dari tiga nama dosen yang diduga melakukan tindakan menjiplak itu adalah Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Fakultas Hukum UBB.

Kabar itu langsung membuat pihak rektorat UBB terkesan bungkam. Muncul juga dua pernyataan yang bertolak belakang dari pejabat di Kampus UBB. Dekan Fakultas Ekonomi UBB, Reniati menyebut dosen yang diduga melakukan plagiat sudah dikenakan sanksi.

Sedangkan Wakil Rektor III UBB, Fadillah, yang mewakili Rektor UBB Muhammad Yusuf, menyatakan masih dilakukan verifikasi terhadap tiga jurnal yang diduga hasil plagiat.

Mereka yang diduga melakukan plagiat atau menjiplak adalah Rio Armanda Agustian, Dony Yanuar, dan Sumar. Rio saat ini juga menjabat Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan di Fakultas Hukum UBB.

Bangka Pos berhasil menghubungi Rio pada Kamis (1/9) lalu setelah beberapa kali mendatangi Gedung Rektorat UBB untuk mendapatkan konfirmasi perihal dugaan plagiat.

Dalam sambungan telepon selama sekitar dua menit dan 42 detik, Rio hanya meminta permasalahan dugaan plagiat itu tidak dibahas lagi.

"Saya nggak ke kampus, nggak itu kan biarlah saya juga sudah dapat sanksi juga, nggak usah dibahas lagi. Saya juga sudah mengundurkan diri dari kampus, ini juga saya lagi diperiksa," kata Rio melalui sambungan telepon sekitar pukul 11.00 WIB.

Dalam perbincangan itu, Rio memberikan kesan tergesa-gesa ingin mengakhiri percakapannya. Saat ditanya perihal pengunduran diri yang disampaikannya, Rio hanya ingin hal itu menjadi masa lalu. Dia juga tidak mau memenuhi keinginan Bangka Pos untuk menemuinya.

"Saya kan sekarang lagi kurang sehat, nggak usah dibahas lagi lah, besok saya nggak masuk lagi kan udah mengundurkan diri biarkan jadi masa lalu, rencana ke depannya saya lagi istirahat dan ngurus anak dulu, saya sudah terpukul betul," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Idandi Meika Jovanka
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help