Komisi III Akan Minta BLH Tinjau Amdal PT Vitrama Property

Komisi III DPRD Bateng meminta PT Vitrama Property yang mengelola tambang tersebut memenuhi hak-hak masyarakat.

Komisi III Akan Minta BLH Tinjau Amdal PT Vitrama Property
bangkapos.com/Riski Yuliandri
Wakil komisi III DPRD Bangka Tengah, Apri Panzupi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Riski Yuliandri

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Adanya keluhan dari warga Air Mesu timur, Bangka Tengah dengan aktivitas perusahaan tambang batu granit, Komisi III DPRD Bateng meminta PT Vitrama Property yang mengelola tambang tersebut memenuhi hak-hak masyarakat.

Pihak DPRD bateng juga sudah melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan dan warga didampingi dishubkominfo bateng serta aparat pemerintahan desa setempat.

"Kami sudah kesana untuk mendengarkan dari kedua belah pihak (perusahaan dan masyarakat). Aparat desa juga sudah sering mendapatkan aduan dari masyarakat mengenai debu dari aktivitas tambang ini," ungkap wakil ketua komisi III, Apri Panzupi.

Ia bersama Komisi III lainnya, Syamsuhairil, Erlansyah R.A, Batianus, dan Herman HM meminta pihak perusahaan untuk lebih aktif melakukan penyiraman jalan yang dilalui perusahaan tersebut.

"Tuntutan warga agar pihak perusahaan lebih memperhatikan warga sekitar karena terkena dampak aktivitas tambang ini, jadi kami minta perusahaan agar lakukan penyiraman rutin jalan-jalan yang berdebu," jelasnya.

Apri juga mengatakan akan meminta pihak BLH bateng untuk meninjau ulang amdal perusahaan tersebut jika masih polusi tersebut masih dirasakan warga.

"Jika dalam jangka waktu tertentu polusi itu (polusi suara dan udara) masih dirasakan warga, kami akan minta BLH tinjau ulang amdalnya," ungkap politisi partai PPP tersebut.

Ia juga meminta PT Vitrama Property agar dapat memberdayakan warga setempat untuk bekerja diperusahaan tersebut agar bisa saling menguntungkan.

"Dalam rekrutmen tenaga kerja diusahakan warga sekitar dulu biar tercipta hubungan mutualisme, warga juga bisa merasakan manfaat keberadaan perusahaan itu, tapi tetap harus memenuhi standar perusahaan," tambahnya.

Penulis: Riski Yulianri
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved