Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan di Kabupaten Bangka Ada Kenaikan

Jika kesehatan reproduksi terganggu maka dalam jangka panjangnya akan mengganggu kualitas hidup manusia secara keseluruhan

Kematian Bayi dan Ibu Melahirkan di Kabupaten Bangka Ada Kenaikan
IST
Kegiatan orientasi penguatan manajemen jejaring pelayanan persalinan dan rujukan serta KB Pasca persalinan tahun 2016, Kamis (8/9) di gedung Wanita Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keluarga sebagai pusat kekuatan pembangunan sangat berperan dalam meningkatkan kehidupan keluarga agar sehat secara rohani dan jasmani, maka taraf kesehatan yang baik akan menciptakan manusia yang sehat dan kuat.

Hal itu dikatakan Bupati Bangka diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Bangka Drs. Arman ketia membuka orientasi penguatan manajemen jejaring pelayanan persalinan dan rujukan serta KB Pasca persalinan tahun 2016, Kamis (8/9) di gedung Wanita Sungailiat.

Dijelaskannya, terkait dengan masalah kesehatan, salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian serius adalah masalahan kesehatan reproduksi sangat berkaitan erat dengan kualitas hidup manusia dimasa mendatang.

“ Jika kesehatan reproduksi terganggu maka dalam jangka panjangnya akan mengganggu kualitas hidup manusia secara keseluruhan,” jelasnya.

Kesehatan reproduksi sangat terkait dengan siklus hidup karena sesungguhnya kesehatan reproduksi tercermin dari kondisi kesehatan selama sirklus kehidupan, mulai dari saat konsepsi, masa anak, masa remaja. Dewasa hingga pasca usia reproduksi.

Kesehatan reproduksi, harus dimulai dengan pengetahuan, pemahaman dan pelaksanaan yang benar tentang kesehatan reproduksi, terutama pada perempuan serta keluarga berencana pasca persalinan.

Menurutnya, kendala lain yang dihadapi terkait persoalan tersebut adalah kurang meratanya jejaring pelayanan kesehatan di setiap desa yang disebabkan jauhnya jarak tempuh ke tempat pelayanan kesehatan.

Keadaan tersebut menjadi salah satu penyebab meningkatnya jumlah angka kesakitan dan kematian ibu dan bayi.

Berdasarkan data di kabupaten Bangka tahu 2014 untuk kematian ibu berjumlah 7 kasus, meningkat menjadi 12 kasus pada tahun 2015,

Halaman
12
Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved