Tips Cara Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing

"Daging kambing dicuci bersih lalu dipotong-potong, setelah itu, kita kasih kunyit sepotong, jahe sepotong, bawang putih, diulek.

Tips Cara Menghilangkan Bau Prengus pada Daging Kambing
IST
Daging kambing 

BANGKAPOS.COM-Bau prengus selalu dikeluhkan kala menyantap makanan berbahan baku daging kambing. Ya, kalau tidak pintar dalam proses pengolahan, bau prengus itu akan selalu ikut dari bahan mentah sampai sudah dihidangkan ke konsumen. Tentu membuat nilai jual masakan itu turun.

BACA : Curhatan Egi John di Instagram Sindir Marshanda karena Ketahuan Selingkuh

Jadi, salah satu tahapan dalam mengolah kuliner berbahan dasar daging kambing ialah menghilangkan bau "prengus"-nya. Nah, berikut kiat dari para praktisi kuliner nusantara untuk menghilangkan bau "prengus" daging kambing.
Kebetulan sedang momen Idul Adha yang identik dengan daging kambing.
Gunakan kunyit, jahe, dan bawang putih

Munifah, pemilik usaha kuliner "Sate Kambing Bakar Balanga" di Gorontalo, memberi kiat: gunakan kunyit, jahe, dan bawang putih. Itu merupakan bumbu kunci yang ampuh untuk menghilangkan bau "prengus" daging kambing.

BACA : Netizen Sempat Heboh Foto Ayu Ting Ting Ciuman Bibir dengan Ayah, Ini Jawabannya

"Daging kambing dicuci bersih lalu dipotong-potong, setelah itu, kita kasih kunyit sepotong, jahe sepotong, bawang putih, diulek. Campurkan bumbu-bumbu itu ke bagian daging yang telah dikeringkan selama 15 menit," ujarnya kepada ANTARA News di sela acara yang diselenggarakan salah satu merek kecap, di Jakarta, sekitar dua tahun yang lalu.

Kemudian, lanjut perempuan yang telah enam tahun berkecimpung dalam dunia kuliner kambing itu, daging kambing yang telah dicampurkan bumbu-bumbu tadi bisa dicuci kembali.

BACA : Inilah Besaran Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp 1,5 Triliun Tiap Bulan

Menurut dia, selain menghilangkan bau, ketiga bumbu ini juga dapat menambah cita rasa pada daging yang akan diolah. "Aroma daging itu sendiri keluar," katanya.

Khusus untuk bagian jeroan kambing, rebus jeroan lalu tambahkan daun salam dan lengkuas
Menurut Sumiati, pemilik usaha "Rabeg" di Banten, mengolah jeroan agar tidak bau "prengus" ialah dengan merebusnya.

"Jeroan dicuci bersih, lalu dimasukan ke dalam air dingin. Rebus jeroan sampai keluar busa-busa putih. Ambil busa-busa yang mengumpul di permukaan itu lalu buang sampai busa-busanya habis," ujarnya.

"Baunya itu disitu di busa-busa putih yang dibuang," tambah perempuan yang telah berkecimpung di usaha kuliner "Rabeg" sejak 1982 itu.

Kemudian, tambah dia, saat merebus, sebaiknya tambahkan daun salam dan lengkuas yang dirajang untuk menambah aroma rempah pada jeroan sekaligus menghilangkan bau prengusnya. (*)

Editor: dedypurwadi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved