Bawa Kartu BPJS Kesehatan Tak Membuat Achmad Resah Berobat ke Rumah Sakit

Menjelang sinar matahari melewati celah jendela, Achmad (77) dan istrinya, Syudariah (71) bersiap-siap berangkat ke rumah sakit.

Bawa Kartu BPJS Kesehatan Tak Membuat Achmad Resah Berobat ke Rumah Sakit
Bangka Pos/Alza Munzi
Bayu Pranata menunjukkan kartu BPJS Kesehatan saat ditemui di rumahnya pekan lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menjelang sinar matahari melewati celah jendela, Achmad (77) dan istrinya, Syudariah (71) sudah bersiap-siap berangkat ke rumah sakit.

Sarapan dan mematut diri di depan cermin, biasa dilakukan pasangan suami istri ini sebelum menjalani kontrol kesehatan rutin di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang.

Tak lupa, Achmad memeriksa kartu BPJS Kesehatan yang menjadi andalan mereka bertahun-tahun ini‎, sudah tersimpan di dalam tas.

Sejak belasan tahun lalu, seiring bertambahnya usia, kualitas kesehatan warga Ampui, Kota Pangkalpinang itu agak menurun. Beruntung, ada jaminan Askes (BPJS Kesehatan) bagi pensiunan PNS, yang membuat mereka tak begitu resah.

Achmad mengalami keluhan pada jantung dan gangguan lambung. Sedangkan Syudariah sejak lama menderita tekanan darah tinggi dan kesulitan tidur.

Syukurnya, berbekal resep obat dari dokter spesialis penyakit dalam dan mengatur pola makan, kesehatan keduanya tetap terjaga meski tak sesegar saat masih muda.

"Kalau tidak ada BPJS Kesehatan, berat juga karena kami tidak tahu apa yang bakal terjadi. Perawatan di rumah sakit dan obat- obatan butuh biaya tidak sedikit. Biasanya kami ke rumah sakit, kalau obat sudah habis. Tapi kalau darurat, ya mau tidak mau dibawa ke rumah sakit dan rawat inap," ungkap Achmad kepada bangkapos.com, Rabu (14/9/2016).

Sementara Sari (28), warga Jalan RE Martadinata, Kota Pangkalpinang, sangat bersyukur terdaftar sebagai peserta mandiri BPJS Kesehatan.

Pasalnya, saat melahirkan dua putranya, Sari harus menjalani operasi caesar. Dia tidak bisa membayangkan kesulitan membayar biaya operasi, jika tidak ada kartu BPJS Kesehatan.

Halaman
123
Penulis: Alza Munzi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help