Kabupaten Bangka Daerah Pertama di Indonesia yang Memiliki Perda Rencana Detail Tata Ruang

Kabupaten Bangka merupakan daerah pertama di Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR)

Kabupaten Bangka Daerah Pertama di Indonesia yang Memiliki Perda Rencana Detail Tata Ruang
IST
Rombongan pemkab Bekasi, diterima Sekda Bangka Feri Insani bersama kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka, Jumat (16/9) di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka di Sungailiat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman Kabupaten Bekasi Jamaludin, memimpin rombongan Pemkab Bekasi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bangka.

Rombongan pemkab Bekasi, diterima Sekda Bangka Feri Insani bersama kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka, Jumat (16/9) di ruang Bina Praja Kantor Bupati Bangka di Sungailiat.

Kepala Dinas Tata Ruang dan Pemukiman kabupaten Bekasi Jamaludin menjelaskan, kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Bangka untuk mengetahui tentang proses penyusunan rencana tata ruang di kabupaten Bangka.

“Kabupaten Bangka merupakan daerah pertama di Indonesia yang memiliki Peraturan Daerah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) ,” ujar Jamaludin.

Menurutnya, Perda RDTR Kecamatan Sungailiat merupakan satu – satunya di Indonesia, untuk itu Pemkab Bekasi ingin belajar ke kabupaten Bangka.

Dijelaskannya, Kabupaten Bekasi merupakan salah satu dari 27 kabupate/ kota di Provinsi Jawa Barat, dengan pemukiman yang sangat padat dan luas pengembangan perumahan 14 ribu ha serta luas wilayah kabupaten Bekasi sekitar 127 ribu ha.

“ Di kabupaten Bekasi saat ini terdapat 240 pengembang perumahan, yang terus melakukan pembangunan,” katanya.

Sementara itu Sekda Bangka Fery Insani menjelaskan, pembangunan perumahan di kabupaten Bangka tidak terlalu cepat , namun pembangunan perumahan terus dilakukan diantaranya dilakukan para pengembang.

Dijelaskannya, untuk memberikan masukan dalam penyempurnaan perencanaan pembangunan di kabupaten Bangka Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) rutin melakukan pertemuan dan diskusi pada setiap pekannya.

“ Pertemuan yang dilakukan BKPRD berjalan dinamis, banyak ilmu dan masukan yang didapat untuk memberikan masukan terkait dengan tata ruang ini,” tuturnya.

Ditambahkannya, kabupaten Bangka merupakan daerah yang sangat nyaman, serta masyarakatnya yang majemuk dengan kehidupan sangat harmonis, sebagai modal dasar dan utama dalam pembangunan di kabupaten Bangka.

Kesempatan tersebut rombongan Pemkab Bekasi mendapatkan penjelasan tetantang Perda RDTR kecamatan Sungailiat dan perda rencana tata ruang kabupaten Bangka dari kepala Bappeda Kabupaten Bangka Panbudi Marwoto.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved