Polemik KIP di Belitung

Bupati Belitung Ancam Tenggelamkan Kapal Isap di Teluk Pering

Jika KIP itu beroperasi, maka akan berdampak kepada pengembangan pariwisata Kabupaten Belitung.

Bupati Belitung Ancam Tenggelamkan Kapal Isap di Teluk Pering
Bangkapos.com/Dok
Bupati Belitung, Sahani Saleh 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Disa Aryandi

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Bupati Belitung, Sahani Saleh (Sanem) menegaskan, siap untuk menenggelamkan Kapal Isap Produksi (KIP) Kamilah di perairan Teluk Pering, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Pasalnya jika KIP itu beroperasi, maka akan berdampak kepada pengembangan pariwisata Kabupaten Belitung. Terutama di wilayah pantai Batu Bedil dan Siantu, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yang direncanakan untuk pengembangan kawasan geopark.

"Kalau pencemaran sampai ketempat kita, dan bergerak ketempat kita, mengotori laut kita. Saya jadikan kapal isap itu rumpong, kalau cuma jarang empat sampai lima mill, masih sanggup menenggelamkan kapal isap itu," tegas Sanem kepada Posbelitung.com, Minggu (18/9/2016).

Pencemaran itu, menurut Sanem, akan muncul dari lumpur yang menguap dari KIP dan, bakal dibawa arus menuju pantai dan pulau terdekat diperairan Kabupaten Belitung.

"Soal kapal isap itu, tidak boleh pakai surat menyurat lagi, tapi sudah harus pakai urat. Karena effectnya sangat besar berpengaruh pariwisata, apalagi kalau urusan KEK kawasan ekonomi khusus (KEK)," ujarnya.

Penulis: Disa Aryandi
Editor: fitriadi
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help