Menteri Yohana Hadiri Sembayang Bulan di Puri Tri Agung

Sembayang Bulan atau Moon Festival di Bangka dikenal dengan Pat Ngiat Pan berlangsung di Puri Tri Agung Pantai Tikus Rebo

Menteri Yohana Hadiri Sembayang Bulan di Puri Tri Agung
IST
Menteri Yohana Hadiri Sembayang Bulan di Puri Tri Agung 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sembayang Bulan atau Moon Festival di Bangka dikenal dengan Pat Ngiat Pan berlangsung di Puri Tri Agung Pantai Tikus Rebo, Sungailiat, Bangka Sabtu (17/9) malam.

Festival Bulan sudah dilaksanakan sejak berdirinya Puri Tri Agung sebagai upaya untuk melestarikan warisan leluhur. untuk pelaksanaan kali ini dihadiri Menteri pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise.

Awalnya festival bulan selalu dirayakan bersama keluarga besar dengan makan kue bulan bagi masyarakat Thionghoa mengandung filosofi sempurna, keseimbangan, berkesinambungan tanpa akhir, bersinergi, dan kesetaraan dari segala sisi, dan sudut pandang.

Ketua Yayasan Bangka Jaya Lestari Sunarto Setiawan menjelaskan, kebersamaan keluarga menjadi kata kunci perayaan ini, baik dalam arti kita dalam keluarga ini, kita dalam bermasyarakat dan kita dalam bernegara.

“ Kehadiran ibu menteri Yohana sungguh menyempurnakan perayaan ini, kesetaraan dan peran perempuan dalam keluarga, pendidikan dan perlindungan anak sangat penting,” ujarnya.

Sedangkan Menteri Yohana Yembise menyampaikan terimakasihnya diberikan kesempatan menikmati budaya di kabupaten Bangka, khususnya festival bulan.

Menurutnya, kunci dari keberhasilan dari suatu keluarga adalah keseimbangan suami dan istri dalam menjalankan fungsinya.

Negara Indonesia termasuk 10 besar di dunia yang memiliki tolerasi yang tinggi dalam kehidupan beragama serta dalam pemberdayaan perempuaan

Diungkapkan, dirinya ditugaskan presiden sebagai Meneteri Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan guna memberikan posisi strategis perempuan di pemerintahan.

Diharapkannya dimasa mendatang Kabupaten Bangka dapat menjadi contoh sebagai kabupaten layak anak.

Kesempatan itu Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Hidayat Arsani dihadapan menteri Yohana menjelaskan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki berbagai budaya, diantaranya yang terkenal yakni sembahyang bulan dan beberapa budaya lainnya yang sudah menjadi tradisi secara turun temurun,

“ Sembayang Bulan dapat diletarikan dan bisa menjadi daya tarik wisata Bangka Belitung,” ujar Wagub Babel.

Bersama masyarakat yang hadir dalam Festival bulan yakni Anggota DPR RI, DPD RI, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala SKPD,Kapolres Bangka, Ketua DPRD Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka dan undangan lainnya.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help