Enam Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui

Banyak orang juga tidak menyukai bawang merah karena takut menyebabkan bau mulut. Ada juga yang tidak menyukainya hanya kerena rasanya.

Enam Khasiat Bawang Merah Bagi Kesehatan Tubuh Yang Perlu Diketahui
http://panduanhidupsehat.com/
ilustrasi 

BANGKAPOS.COM --  Meskipun terkadang ia hanya disebut sebagai pelengkap bumbu makanan, tapi statusnya itu tak sebanding dengan manfaatnya. Itulah nasib si bawang merah.

Banyak orang juga tidak menyukai bawang merah karena takut menyebabkan bau mulut. Ada juga yang tidak menyukainya hanya kerena rasanya.

Padahal, bawang merah menyimpan segudang manfaat bagi kesehatatan kita. Penasaran? Berikut selengkapnya.

1. Mencegah diabetes
Hanya dengan sebuah bawang, bisa memberikan kebutuhan biotin harian (Vitamin B yang juga dikenal sebagai vitamin H) sebesar 27 persen. Biotin ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan kita.

Salah satunya adalah memerangi gejala yang berkaitan dengan diabetes tipe 2. Menurut penelitian, biotin dan kromiun yang terkandung di dalamnya bisa mengatur gula darah dalam tubuh. Bahkan, keduanya juga bisa mengurangi resistensi insulin.

2. Kulit makin sehat
Biotin juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, ia juga bisa mengobati kuku yang rapuh, mencegah rambut rontok, hingga memelihara kesehatan kulit.

3. Meningkatkan sistem imun
Bawang merah mengandung vitamin C dan fitokimia. Fitokima ini nantinya akan meningkatkan keefektivitasan vitamin C dalam tubuh kita. Alhasil, tubuh pun makin sahat karena sistem imun yang sehat.

4. Mencegah kanker
Bawang merah mengandung senyawa quercetin yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan itulah yang bisa membantu kita untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kanker.

Radikal bebas sendiri merupakan senyawa kimia yang dapat merusak memberan sel. Bahkan, menyebabkan kematian sel-sel tubuh.

5. Meredakan stres
Sedang dilanda stres? Jangan ragu untuk mengonsumsi bawang merah. Sebab, manfaat quercetin tak hanya berhenti di situ saja. Ia juga bisa membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan hormon kortisol (hormon stres).

Kortisol ini tak hanya berkaitan dengan stres saja. Ia juga bisa merusak jaringan otot dan menyebabkan pemecahan protein dalam tubuh.

Nah, di sinilah quercetin berperan. Quercetin akan menekan enzim-enzim yang bisa memicu pertumbuhan kortisol. Hebat bukan?

6. Melawan peradangan
Bawang merah memiliki sifat antiinflamasi yang bisa meredakan nyeri sendi. Selidik punya selidik, hal itu dikarenakan kandungan betalain yang terdapat di dalamnya.

Nah, betalain ini tak hanya bermanfaat bagi penderita nyeri sendi saja. Namun, ia juga bisa membantu menyembuhkan semua penyakit yang disebabkan karena peradangan kronis. Hebat, bukan?

Editor: Admin 1
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved