Warga Mesu Timur Protes Bau Gas Menyengat

Puluhan warga di RT 01 Mesu Timur, didampingi anggota DPRD Bangka Tengah, Mehoa dan Jamhari mendatangi SPPBE

Warga Mesu Timur Protes Bau Gas Menyengat
bangkapos.com/dok
Rombongan warga saat mendatangi SPPBE PT. Global Trend Sejahtera di wilayah Mesu Timur akibat bau gas yang menyengat di pemukiman warga, Senin (26/9/2016). 

BANGKAPOS.COM, PANGKALAN BARU - Puluhan warga di RT 01 Mesu Timur, didampingi anggota DPRD Bangka Tengah, Mehoa dan Jamhari mendatangi SPPBE PT. Global Trend Sejahtera, Senin (26/9) pagi.

Rombongan perwakilan warga yang bermukim tepat di belakang pabrik perbaikan tabung gas elpiji ini mengeluhkan bau gas yang diduga berasal dari pabrik tersebut.

"Sudah lima bulan ini, setiap pukul 03.00 WIB selalu muncul bau gas menyengat, terkadang jika hujan tidak menentu baunya muncul juga," ungkap perwakilan warga, Supomo.

Efeknya, warga mengeluhkan pusing atau sakit kepala hingga terjadi perkelahian antar suami istri akibat bau gas yang selalu muncul.

Akhirnya, rombongan yang juga didampingi tim Polsek Pangkalan Baru langsung meninjau lokasi pabrik. Mereka diterima Samuel, manager di perusahaan itu.

Sempat terjadi ketegangan saat pertemuan itu. Warga tidak puas atas penjelasan Samuel terkait keluhan mereka. Beruntung bisa diantisipasi oleh aparat kepolisian.

"Kami tidak mau berpikir negatif apalagi berkuasa di wilayah sendiri, kami cuma mau lihat bagaimana prosesnya, biar mendapat solusi, karena keluhan warga ini sudah disampaikan berulang-ulang," ungkap Mehoa.

Pihaknya mengaku akan mempelajari izin dari pabrik ini lagi yang dinilai melakukan pencemaran udara pada sekitar 100 lebih Kepala Keluarga yang bermukim di belakang pabrik.

"Ini lebih kepada Undang-Undang kesehatan, solusinya memberi waktu paling lama seminggu untuk dikaji dan diperiksa oleh pihak perusahaan. Walaupun semua lengkap, tetapi seharusnya pihak perusahaan dan BLH memberikan penjelasan yang masuk logika," tuturnya.

Sementara, anggota DPRD Bateng lainnya, Jamhari menyatakan keberadaan perusahaan ini dari segi ekonomi. Namun dampak bau gas yang ditimbulkan harus ada solusinya bagi warga sekitar.

Halaman
12
Editor: edwardi
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved