SDN 16 Kenanga Semarakkan 1 Muharram dengan Nganggung Massal

Perayaan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah, di SDN 16 Kenanga Sungailiat disemarakan dengan kegiatan Nganggung

SDN 16 Kenanga Semarakkan 1 Muharram dengan Nganggung Massal
bangkapos.com/Nurhayati
Para siswa siswi SDN 16 Kenanga, Kamis (29/9/2016) menyanyikan lagu tentang 1 Muharram di Kenanga saat tampil pada Peringatan 1 Muharram di halaman SDN 16 Kenanga. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perayaan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1438 Hijriah, di SDN 16 Kenanga Sungailiat disemarakan dengan kegiatan Nganggung massal bersama yang dilakukan para siswa, Kamis (29/9/2016) di Halaman SDN 16 Kenanga.

Sebelumnya untuk memeriahkan 1 Muharram ini juga diadakan berbagai lomba dari tafzil juz amma, lomba peragaan busana muslim, lagu islami hingga permainan tradisional.

Asisten Setda Bangka Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Bangka Arman Agus mengatakan, Pemkab Bangka memberikan apresiasi atas peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram yang digelar SDN 16 Kenanga bertema Tingkatkan Ukhuwah Islamiah dan Kreatifitas Anak Bangsa.

"Alhamdulillah se Kecamatan Sungailiat, SDN 16 Kenanga yang telah berinisiatif menyelenggarakan 1 Muharram ini. Ini sangat luar biasa kami dari Pemkab Bangka memberikan apresiasi atas terselenggarakannya kegiatan ini," ungkap pria kelahiran Kenanga dan Alumni SDN 16 Kenanga ini dalam sambutannya.

Dikatakannya, bahwa Tahun Baru Islam ini sebagai tahun hijrah untuk inspropeksi diri agar lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

"Sebenarnya bagi kita umat Islam peringati 1 Muharram ini yang perlu diperingati bukan 1 Januari dirayakan besar-besaran. Untuk itu pemerintah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada SDN 16 Kenanga untuk mengingatkan kita umat Islam agar merayakan tahun baru Islam," kata Arman.

Menurutnya apa yg diselenggara SDN 16 Kenanga ini bisa menjadi teladan dan bisa diikuti sekolah-sekolah lain.

Diakui Kepala SDN 16 Kenanga Sri Umiyati, peringatan 1 Muharram dilaksanakan SDN 16 sebagai wujud keikutsertaan sekolah untuk merayakan Tahun Baru Islam. Kegiatan ini untuk menanamkan nilai-nilai religius dalam diri para pelajar yang beragama Islam agar lebih mengenal 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam.

"Mayoritas daerah di Bangka Belitung ini merayakan 1 Muharram, di Kenangan ini terbilang istimewa dimana dirayakan secara meriah. Ini wujud keikutsertaan kami memeriahkan 1 Muharram
di sekolah dengan mengelar berbagai perlombaan dari hifzil juz ama, busana muslim, lagu islami dan permainan tradisional," jelas Sri yang baru satu bulan lebih bertugas di SDN 16 Kenanga.

Menurutnya, Tahun Baru Islam ini merupakan semangat pembaraharuan. Oleh karena itu ia berharap para guru sebagai pendidik dan juga dirinya sebagai kepala sekolah lebih semangat agar bisa mencapai target pencapaian yang lebih tinggi.

Diakuinya bakat dan talenta siswa di SDN 16 Kenanga ini sangat besar baik bidang akademik, kesenian dan olahraga sehingga perlu dikembang agar bisa berprestasi.

"Kami siap bekerjasama dalam memajukan pendidik dan mendidik generasi yang berbudi pekerti," kata Sri.

Peringatan 1 Muharram di SDN 16 ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Padli, para guru serta undangan lainnya.

Para siswa kelas V dan IV SDN 16 Kenanga sejak pagi beramai-ramai membawakan dulang berisi makanan ke sekolah dalam acara Nganggung massal bersama ini. Sedangkan para siswa kelas I hingga kelas VI SDN 16 Kenanga membawakan berbagai kue-kue untuk hidangan dalam kegiatan Nganggung bersama.

Penulis: nurhayati
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help