32 Pelajar Ikuti Lomba Hapalan Juz Amma

Lomba hapalan juz amma atau juz 30 yang diikuti 32 pelajar se Kabupaten Bangka, 29 – 30 September 2016 di halaman Masjid Al Mu’minun

32 Pelajar Ikuti Lomba Hapalan Juz Amma
IST
32 Pelajar Ikuti Lomba Hapalan Juz Amma 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA --- Setelah menggelar lomba shalawat, panitia peringatan tahun baru Islam 1438 Hijiriah kembali menggelar lomba hapalan juz amma atau juz 30 yang diikuti 32 pelajar se Kabupaten Bangka, 29 – 30 September 2016 di halaman Masjid Al Mu’minun Kelurahan Kenanga, Sungailiat.

Lomba hapalan Juz Amma tersebut dilangsungkan untuk menyambut peringatan 1 Muharram di Kelurahan Kenanga yang terangkum dalam agenda Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bangka dalam Festival Seni Budaya Islam 1 Muharram.

Antusiasme para pelajar SMP/MTS, dan SMA/MAN sederajat dalam mengikuti hapalan Juz Amma tersebut terlihat jelas dimana para pelajar yang baru duduk di bangku sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas tampak bersemangat mengikuti hapalan juz amma tersebut kemarin malam yang ditemani para guru dan orang tuanya.

‘’Hapalan juz amma juz 30 ini diikuti 32 pelajar se Kabupaten Bangka dengan rincian peserta SMP/MTS sederajat diikuti 23 orang dan SMA/MAN sederajat diikuti 9 orang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dan akan ditetapkan 3 orang juara dari tingkat SMP dan 3 orang juara dari tingkat SMA,’’ungkap Sugiarta, panitia pelaksana kegiatan.

Dalam lomba tersebut, para peserta dinilai oleh 3 orang juri yakni, Ustadzah Siti Maryam, Ustad Rusli, dan Ustad Abdurrahman dengan kategori penilaian hapalan, fashohah dan tajwid.

Dalam kegiatan tersebut tampak para peserta yang masih berusia belia sudah hapal dan fasih dalam melapazkan lantunan ayat suci Al Quran dan diharapkan dengan kegiatan tersebut dapat memupuk mental para pelajar dalam tampil di muka umum dan dapat memperdalam ilmu agama, mengetahui makna dan pengamalan ayat-ayat suci Al Qurán dalam kehidupan sehari-hari sehingga dengan penanaman ilmu agama sejak dini dapat menghindarkan generasi muda dari tindakan negatif dan melahirkan generasi muda yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan dan ilmu agama.

‘’Hapalan Juz Amma tingkat pelajar ini diharapkan bisa memupuk kecintaan terhadap Al Quran dan bisa memaknai arti ayat-ayat suci Al Qurán dalam kehidupan sehari-hari sebagai pedoman hidup generasi muda bangsa,’’ungkap H. Suhardan, Wakil ketua panitia Muharram 1438 Kelurahan Kenanga seraya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bangka untuk menghadiri peringatan 1 Muharram di Kelurahan Kenanga pada hari Minggu, 2 Oktober 2016 di Masjid Al Mu’minun Kenanga.

Penulis: edwardi
Editor: edwardi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help