Forum RT/RW Ini Sodorkan 9 Poin Kontrak Politik Saat Bertemu Anies Baswedan

"Saya dan Mas Sandi (Sandiaga Uno) nanti akan membawa aspirasi itu dan kita berharap jangan sampai peran RT/RW ini dikurangi. Malah kita berharap ..."

Forum RT/RW Ini Sodorkan 9 Poin Kontrak Politik Saat Bertemu Anies Baswedan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Sandiaga Uno didampingi Anies Baswedan mendatangi gedung KPK Jakarta, untuk menyerahkan dokumen laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), Kamis (29/9/2016). Penyerahan LHKPN ini sebagai salah satu syarat pencalonan mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bertemu dengan Forum RT/RW DKI Jakarta di Kediaman Boy Sadikin, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2016) sore.

Seusai pertemuan, Anies mengaku mendapat beberapa aspirasi dari Forum RT/RW.

"Saya dan Mas Sandi (Sandiaga Uno) nanti akan membawa aspirasi itu dan kita berharap jangan sampai peran RT/RW ini dikurangi. Malah kita berharap ke depan perannya bisa diperkuat," ujar Anies.

Mantan Rektor Universtitas Paramadina tersebut menuturkan, inti dari butir-butir aspirasi yang disampaikan Forum RT/RW yakni terkait pembangunan yang adil untuk semua warga DKI dan penguatan peran RT/RW.

"RT/RW harus bisa diperkuat. Mereka perannya harus lebih besar sehingga bisa memainkan sebagian dari tugas untuk menyejahterakan, bagian tugas untuk membangun," ucap Anies.

Sekretaris Jenderal Forum RT/RW DKI Jakarta Lukmanul Hakim menuturkan, pihaknya telah mengajukan sembilan poin kontrak politik kepada Anies-Sandiaga.

Dua di antaranya yakni soal penataan Ibu Kota dan penguatan kelembagaan RT/RW.

Lukman mengatakan, penataan dan pembenahan Jakarta seharusnya dimusyawarahkan bersama Forum RT/RW sehingga pembangunan berjalan maksimal dan seimbang.

"Kita membuatkan sembilan item kontrak politik yang sudah kita tawarkan kepada Pak Anies," kata Lukman.

Ia melanjutkan, Forum RT/RW juga meminta posisinya diperkuat melalui perda.

Dengan adanya perda tentang RT/RW, lanjut Lukman, keberadaan RT dan RW akan lebih kuat.

"Kami berharap ke depan ini prioritas untuk melihat peran RT/RW sebagai peran sosial di tingkat bawah maupun atas," tuturnya.

Penulis : Nursita Sari

Editor: asmadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved