Satpol PP Bangka Siap Tertibkan Tambang Ilegal di Wisata Aek Anget

pihaknya siap melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) yang menjarah kawasan sekitar Aek Anget

Satpol PP Bangka Siap Tertibkan Tambang Ilegal di Wisata Aek Anget
Bangka Pos / Nurhayati
Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Rozali 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Satpol PP Kabupaten Bangka Rozali mengatakan, pihaknya siap melakukan penertiban tambang inkonvensional (TI) yang menjarah kawasan sekitar Aek Anget di Dusun Aek Anget Desa Gunung Pelawan Kecamatan Belinyu.

"Kami siap jika menertibkan TI di Aek Anget itu bersama camat, pemerintah desa dan TNI/polri bersama tim terpadu untuk merazia TI yang beroperasi di sana," tegas Rozali saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (30/9/2016) malam.

Sebelumnya ia sudah menelpon Personil Satpol PP Kabupaten Bangka yang di BKO kan di Belinyu di perwakilan kantor bupati dan kantor camat sebanyak 10 orang untuk mengetahui kondisi TI yang beroperasi di Kawasan Aek Anget tersebut.

"Dari penjelasan Danru Hendri mengatakan memang TI disana sudah ditertibkan pihak Pemerintah Desa Gunung Pelawan. Satu mesin TI sudah diamankan. TI yang lain belum ada tetapi kalau tidak ditertibkan dari sekarang bisa merajalela ini yang kita khawatirkan. Jadi saya minta mereka tetap pantau di lapangan," kata Rozali.

Lanjutnya, TI yang beroperasi disana baru mulai kerja tetapi jika tidak ditertibkan akan seperti di Perimping yang jumlahnya semakin banyak.

Namun diakui Rozali mereka juga kesulitan karena sekarang berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, kewenangan pertambangan sudah diserahkan kepada pihak pemerintah provinsi.

"Kami khawatir nanti melampaui kewenangan tetapi karena wilayahnya ada di Kabupaten Bangka menyangkut ketertiban umum dan keamanan masyarakat maka kami turun untuk menertibkan," jelas Rozali.

Untuk itu pihaknya juga pada rapat koordinasi dengan Satpol PP provinsi di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat baru-baru ini sudah berkoordinasi untuk masalah pertambangan terutama mengenai penertiban TI ini.

"Harapan kita jangan sampai TI ini menganggu fasilitas umum maupun tempat-tempat yang dilarang untuk di tambang karena ilegal. Kita juga melakukan penertiban secara persuasif, edukatif dan tidak serampangan dalam menertibkan TI," kata Mantan Camat Sungailiat ini.

Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved