Rustam dan Irwansyah Suapi Anak Yatim Makanan saat Momen 1 Muharram

Gubernur Babel Rustam Effendi dan Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah didaulat oleh warga untuk menyuap makanan kepada dua anak yatim.

Rustam dan Irwansyah Suapi Anak Yatim Makanan saat Momen 1 Muharram
Bangkapos.com/Alza Munzi Hipni
Gubernur Babel Rustam Effendi dan Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah menyuap makanan kepada dua anak yatim saat perayaan 1 Muharram di Pangkalarang, Minggu (2/10/2016). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Alza Munzi

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gubernur Bangka Belitung Rustam Effendi dan Wali Kota Pangkalpinang M Irwansyah didaulat oleh warga untuk menyuap makanan kepada dua anak yatim dalam perayaan 1 Muharram 1438 H di halaman Masjid Baitul Amin, Pangkalarang, Kelurahan Ketapang, Kota Pangkalpinang, Minggu (2/10/2016).

Dua kepala daerah itu sambil tersenyum, sebelumnya mengambil‎ nasi beserta lauk pauk yang tersedia di dulang raksasa.

Warga Pangkalarang memiliki kebiasaan rutin memperingati 1 Muharram atau tahun baru Islam dengan cara nganggung.

Ustad Fadhlan Rabbani Garamatan menyebutkan, mencintai anak yatim merupakan bagian dari sifat kebaikan yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

"Semoga kita dirahmati Allah, diberikan rezeki yang cukup, sehat walafiat. Saya bangga, masih ada warga yang mempertahankan tradisi baik ini. Harapannya, semoga Allah memberkahi jalan hidup kita semua," ujar Rustam Effendi.

Usai menyuapi makanan kepada anak yatim, Rustam dan Irwansyah memilih duduk bersama warga, dan menyantap makanan yang disediakan.

Tanpa sedok, Rustam lebih lahap menyantap makanan yang kebanyakan dari hasil laut tangkapan nelayan Pangkalarang.

‎Di dulang raksasa, tampak ragam makanan mulai dari sambal udang, lempah kuning kambing, ketupat, lepat, ikan tenggiri bakar, telur goreng dan cumi-cumi.

Puas menyantap makanan, Rustam bersama Irwansyah meninggalkan lokasi acara dan disambut warga yang bersalaman sambil menyampaikan apresiasi atas kehadiran dua pemimpin tersebut.

"Terima kasih Pak, nanti datang lagi ya," ujar seorang warga.

Sementara, usai kegiatan nganggung, kawasan Pangkalarang seperti layaknya kampung lebaran. Di sejumlah rumah, tersedia sajian makanan dan minuman.

Tak jarang saat melintas di depan rumah warga, sang tuan rumah mempersilakan masuk dengan harapan kediamannya dikunjungi.

"Kalau tidak sempat siang, sore nggak apa-apa," ujar Adis warga Pangkalarang.

Penulis: Alza Munzi
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved