PT Timah Tbk Ungkap Cadangan Timah, Mereka Memiliki 1,1 Juta Ton Timah

Cadangan paling besar berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

PT Timah Tbk Ungkap Cadangan Timah, Mereka Memiliki 1,1 Juta Ton Timah
Balok Timah 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- PT Timah Tbk mengungkap cadangan yang dimiliki perusahaan tersebut. Konsesi pertambangan yang dimiliki perusahaan plat merah itu memiliki cadangan 1,1 juta ton timah. Cadangan paling besar berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni 801.882 ton. Sementara di Kepulauan Riau sebesar 328.392 ton.

Demikian dipaparkan Sekretaris Perusahaan PT Timah Tbk, Agung Nugroho saat gathering dengan media di Griya Timah, Sabtu (1/10/2016). Data tin resource itu per 31 Desember 2015.

Di Bangka Belitung, cadangan timah terbesar PT Timah Tbk berada di laut yakni 442.944 ton. "Komposisi kita di Bangka Belitung, 55 persen offshore (laut) dan 45 persen onshore (Darat)," kata Agung.

Sementara di Kepulauan Riau, 84 persen cadangan di offshore. Total PT Timah Tbk memiliki 117 IUP.

Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani mengatakan pihaknya adalah satu di antara tiga perusahaan timah terbesar di dunia.

Sementara saat ini kebutuhan timah di dunia meningkat, dan suplai yang ada terbatas. Tahun 2015 lalu, terjadi defisit 7.350 metrikton terhadap kebutuhan dunia sebesar 330.550 metrikton.

Harga naik
Saat ini harga timah di pasaran dunia terus mengalami kenaikan. Harga saat ini bahkan menembus 20.000 US$ per metrikton, padahal sebelumnya harga timah sempat terjun anjlok di angka 12.000 an US$ per metriktonnya.

Sayangnya kondisi ini tidak bisa dimaksimalkan oleh PT Timah Tbk walaupun permintaan balok timah tetap tinggi. Pasalnya, suplai bahan baku pasir timah tidak banyak bahkan cenderung mengalami kekurangan.

"Untuk harga memang semakin naik tapi bahan baku pasir timah kita kekurangan, maka dari itu akan dimaksimalkan hasil penambangan kita," kata Riza.

Hingga saat ini sejumlah negara mampu menghasilkan balok timah melebihi kemampuan bahan baku pasir timah. Sehingga terus menjadi pertanyaan darimanakah pasir timah tersebut kalau bukan dari Bangka Belitung.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved