Anies Dianggap Santun dan Cerdas, Sandiaga yang Dermawan, Tapi Selanjutnya Mengejutkan

Berdasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), sebanyak 13,6 persen responden yang merupakan warga Jakarta memandang Anies sebagai sosok ...

Anies Dianggap Santun dan Cerdas, Sandiaga yang Dermawan, Tapi Selanjutnya Mengejutkan
KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES
Pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno, tiba di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintoharjo, Jakarta, Sabtu (24/9/2016). Hari ini ketiga pasangan bakal calon gubernur dan calon wakil gubernur menjalani pemeriksaan kesehatan, sebagai salah satu syarat mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017. 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA -- Bakal calon gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dianggap memiliki karakter yang santun dan cerdas.

Berdasarkan hasil survei Media Survei Nasional (Median), sebanyak 13,6 persen responden yang merupakan warga Jakarta memandang Anies sebagai sosok yang ramah dan santun.

"Kemudian 10,0 persen responden memandang Anies adalah seorang yang cerdas, 4,0 persen responden memandang Anies sebagai pemimpin yang berkharisma," kata Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, di Bumbu Desa Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016).

Dari sisi kesantunan, kata Rico, Anies lebih unggul dibanding dua penantang lainnya, yakni Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Agus Harimurti Yudhoyono. H

Hanya saja, 1,4 persen responden belum mengetahui visi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. Sebanyak 0,8 persen responden menganggap Anies tidak punya prinsip.

"Orang-orang masih belum mengerti, visinya kurang jelas. Belum mengerti apa yang dibawa ke Jakarta," kata Rico.

Pasangan Anies pada Pilkada DKI Jakarta 2017, yaitu Sandiaga Uno dipandang sebagai sosok dermawan. Sebanyak 6,0 persen responden menilai Sandiaga merupakan seorang dermawan. Kemudian 4,8 persen responden memandang Sandiaga sebagai sosok yang santun, ramah, dan membela rakyat kecil.

Namun, 3,0 persen responden menilai Sandiaga tidak memiliki pengalaman politik dan 1,4 persen responden memandang Sandiaga kurang tegas.

"Sekarang tergantung tiga pasangan calon masing-masing. Hasil ini masih sangat mungkin akan berubah," kata Rico.

Ada 500 responden sampel yang mengikuti survei ini, dengan margin of error sebesar kurang lebih 4,4 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei dilakukan pada 26 September-1 Oktober 2016. Sampel dipilih secara random dengan teknik Multistage Random Sampling dan proporsional atas populasi kotamadya dan gender.

Penulis : Kurnia Sari Aziza

Editor: asmadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved